Connect with us

METROPOLITAN

Reaktivasi Jalur KA Rangkasbitung-Pandeglang, Dishub Sebut 127 Rumah Tergusur Ditahap Pertama

Published

on

Kabid angkutan Dishub Pandeglang, Encep S menegaskan ditahap pertama 127 rumah di Pandeglang akan terdampak gusuran. (BantenHits.com/Engkos Kosasih).

Pandeglang – Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang memastikan land clearing di sejumlah wilayah yang dilalui jalur kreta api, sedang dilakukan proses pembersihan lahan tahap satu.

Dampak dari itu, sebanyak 127 kepala keluarga (KK), di Kelurahan Karanganyar 25 KK, Kabayan 10 KK dan Kadomas 92 KK, Kecamatan Pandeglang, akan tergusur.

Kabid angkutan Dishub Pandeglang, Encep S mengatakan, ada tiga kelurahan yang terdampak land clearing atau pembersihan, tiga kelurahan tersebut baru tahap pertama, sementara akan kembali dilanjutkan menuju Labuan.

“Segmen pertama dalam hal reaktivasi rel kereta ini. yaitu, radius nol dari Rangkas sampai Kecamatan Pandeglang. Dari wilayah tersebut, kita sudah melangkah pendataan masyarakat yang menggunakan aset kereta api,” katanya, Kamis, 18 Juli 2019.

Ia mengatakan, selain aktivasi rel kreta api Rangkas-Pandeglang, ada beberapa jalur yang akan diaktifkan kembali, seperti Saketi-Bayah, Labuan-Anyer juga akan diaktifkan kembali, sehingga roda perekonomian pariwisata bisa berjalan.

“Sesuai dengan sosialisasi yang diadakan dirjen perhubungan darat perkreta apian, tahap pertama dari rangkas sampai ke kadomas, tahap kedua dari kadomas ke labuan, nah tahap selanjutnya dari saketi ke Bayah, tahap selanjutnya untuk menunjang pariwisata yaitu dari labuan sampai ke Anyer,” jelasnya.

Menurutnya, dengan adanya aktivasi rel kreta api tersebut, akan menunjang kepada roda perekonomian masyarakat Pandeglang, sebab akan diprediksi bisa menghidupkan sejumlah pengusaha lokal untuk mengirimkan barang atau menjualnya.

“Kita sosialisasi kepada masyarakat, bahwa kereta api akan di aktivasi kembali. nah, kereta api ini akan menunjang roda perekonomian masyarakat Pandeglang,” ucapnya.

Editor: Fariz Abdullah

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending