Belasan Narapidana di Rutan Rangkasbitung ‘Bebas’ Saat HUT RI

Date:

Gedung Rutan Rangkasbitung. (Banten Hits/ Fariz Abdullah)

Lebak- Sebanyak 118 narapidana di Rumah Tahanan atau Rutan kelas II B Rangkasbitung diusulkanendapat remisi HUT RI ke 74. Jumlah tersebut berdasarkan sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) di Aula Rutan Rangkasbitung, Jumat, 19 Juli 2019.

“17 Agustus adalah hari kemerdekaan bagi seluruh rakyat Indonesia, dan tentu akan terasa istimewa juga bagi narapidana diseluruh tanah air karena akan mendapatkan kado dari Negara berupa pengurangan masa pidana (remisi),”kata Kepala Rutan Rangkasbitung, Aliandra Harahap, dalam siaran pers yang diterima BantenHits, Sabtu, 20 Juli 2019.

“Tentu saja besarannya masing-masing bervariatif dari 1 bulan sampai 6 bulan dengan syarat narapidana berperilaku dan mengikuti pembinaan dengan baik yang akan dinilai dan diteliti kelayakan usulannya oleh tim TPP Rutan Rangkasbitung,”tambahnya.

Menurutnya, Rutan Rangkasbitung menampung 131 Warga Binaan Pemasyarakat (WBP) dan yang layak diusulkan mendapat remisi hanya 118 narapidana.

“Dari 118 itu 12 diantaranya langsung bebas saat HUT RI,”tegasnya.

Sementara Ketua TPP, Dede Ukmartalaksana menegaskan bahwa usulan remisi diberlakukan bagi seluruh narapidana yang memenuhi persyaratan sebagaimana telah teregister dalam sistem database Pemasyarakatan (SDP).

“Karena untuk usulan remisi sekarang sudah online, menggunakan aplikasi database, basisnya data SDP, sudah online terkoneksi dengan dunia luar, jadi kami terbuka dan transparan, seluruh napi diusulkan kecuali yang belum memenuhi persyaratan,”katanya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...

Sepanjang 3-15 April 2024, Jumlah Penumpang di Terminal Poris Plawad Mencapai 1.000 Orang Per Hari

Berita Tangerang - Sepanjang 3-15 April 2024 atau selama...