LPA Banten Ajak Masyarakat Bubuhkan Tanda Tangan, Tolak Kekerasan Terhadap Anak  

Date:

Pegiat anak ketika membubuhkan tanda tangan menolak kekerasan terhadap anak. (BantenHits.com/Mahyadi).

Serang- Lembaga Perlindungan Anak atau LPA Banten menggelar kampanye damai di Alun-alun Kota Serang, Selasa, 23 Juli 2019. Mereka mengajak masyarakat dan para pegiat anak untuk menolak kekerasan terhadap anak.

Aksi damai yang dilakukan LPA Banten ini mendapat respon berbagai kalangan masyarakat. Mereka kompak membubuhkan tanda tangan pada sebuah spanduk putih bertuliskan ‘Petisi Setop Kekerasan Terhadap Anak’.

Ketua LPA Banten Uut Lutfi mengatakan kampanye damai ini sengaja dilaksanakan menyusul kasus kekerasan terhadap anak mengalami peningkatan pada semester pertama tahun 2019. Tercatat sudah 38 kasus diterima LPA Banten periode Januari hingga Juni 2019 sedangkan di tahun sebelumnya hanya ada 26 kasus.

Belum lagi, Lutfi mengungkapkan para pelaku kekerasan terhadap anak ini di dominasi oleh orang-orang terdekat.

“Dari laporan yang masuk didominasi kasus persetubuhan sebanyak 16 kasus dan para pelaku adalah orang-orang terdekat korban,” kata Uut dalam aksi kampanye damai bersama para pegiat anak di alun-alun Kota Serang, Selasa 23 Juli 2019.

Uut membeberkan dari 38 kasus yang tersebar di delapan kabupaten/kota se provinsi Banten itu 16 diantaranya kasus persetubuhan, 2 kasus penelantaran anak, 5 kasus hak asuh anak, 3 kasus kekerasan fisik, 1 kasus pembunuhan, 6 kasus pencabulan, 3 kasus penculikan, dan 2 kasus perdagangan orang.

Berdasarkan usia korban, didominasi oleh anak-anak dengan rentang umur 13 sampai 18 tahun sebanyak 17 kasus. Dan berdasarkan gender sebanyak 82 % korban adalah anak perempuan.

“Melihat data tersebut menjadi miris untuk menjadi perhatian serius pemerintahan di tingkat bawah, saat ini banyak kasus anak tapi belum ada LPKSA (Lembaga Penyelenggara Kesejahteraan Sosial Anak) atau Pusat Terpadu Rehabilitasi Anak dan LPAS (Lembaga Penempatan Anak Sementara),”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...