Connect with us

METROPOLITAN

Ngaku Hobi, Pemuda di Pandeglang Tembak dan Panggang Satwa Dilindungi

Published

on

Pemuda di Pandeglang saat menunjukan Elang Bido satwa dilindungi hasil buruannya. (Istimewa).

Pandeglang – Seorang pemuda, JM warga Kabupaten Pandeglang diamankan jajaran Polres Pandeglang, usai viral di media sosial, karena menembak satwa yang dilindungi.

Kapolres Pandeglang, AKBP Indra Lutrianto Amstono mengatakan, penembakan terhadap Elang tersebut berawal dari hobi pelaku, yang sering berburu hewan dengan senapan angin miliknya.

“Saat pelaku pulang dari sawah dengan membawa senapan angin, kemudian melihat seekor burung yang diduga burung Garuda atau Elang Bido yang sedang hinggap disalah satu dahan pohon. Tanpa memikir waktu lama, pelaku menembak burung tersebut hingga mati,” katanya, Jumat, 26 Juli 2019.

BACA :  Unras di Kantor DPRD Lebak, Kumala: Wakili, Bukan Sakiti Kami

Indra mengatakan, setelah berhasil menangkap sasarannya, pelaku kemudian mengambil foto selfie dengan objek burung buruannya, dengan membentangkan dua sayap menggunakan kedua tangan pelaku, dan membagikan di akun Facebooknya dengan membububi keterangan “Hobiku adalah bidikan yang paling tepat “BURUNG GARUDA”.

“Lalu pelaku memasak burung tersebut dengan cara dipanggang dan dimakannya sendiri,” imbuh Kapolres.

Indra menjelaskan, setelah pihaknya mendapat laporan dari warga net, jajarannya langsung mengecek informasi tersebut dan memintai keterangan dari pelaku.

Saat ini pelaku sudah diamankan di Mapolres Pandeglang, untuk mempertanggung jawabkan tindakannya, Polisi masih melakukan pemeriksaan untuk mendalami motif pelaku. Mengingat burung Elang Bido merupakan satwa yang dilindungi karena populasinya semakin menipis.

BACA :  KTCI Chapter Tangerang Raya Berbagai Melalui "Ramadan Peduli"

“Diduga JM melanggar Pasal 21 ayat 2 a Jo Pasal 40 ayat 2 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Koservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp100 juta,” ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler