Connect with us

METROPOLITAN

Lima Desa yang Jadi Kawasan Hutan Mangrove di Pandeglang Berubah Jadi Hotel dan Tambak Udang

Published

on

Kawasan hutan mangrove di Pandeglang. Lima desa yang jadi kawasan hutan mangrove di Pandeglang kini telah beralih fungsi. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Sebagian hutan mangrove atau tanaman bakau di Kabupaten Pandeglang, dialihfungsikan menjadi tambak udang, perumahan dan perhotelan. Akibatnya, beberapa hutan mangrove menjadi rusak.

Dari data yang didapat BantenHits.com, ada sekitar lima desa yang menjadi kawasan mangrove tetapi dialihfungsikan yakni Labuan-Tarogong, Kecamatan Labuan; Desa Cibungur, Kecamatan Sukaresmi; Desa Panimbang – Mekarjaya, Kecamatan Panimbang; dan Tamanjaya, Kecamatan Sumur.

“Yang paling parah di Tamanjaya Kecamatan Sumur. Di sana luar biasa pengusaha tambaknya pada tahun-tahun ini, hutan mangrove hampir habis semua,” kata Ridwan Setiawan, pegiat lingkungan setempat, Jumat, 26 Juli 2019.

Pria yang kerap disapa Abah Iwan “Podol” ini mengaku resah, banyaknya alih fungsi lahan dapat merusak fungsi fisik, fungsi biologis dan fungsi ekonomis mangrove. Oleh karenanya, dia meminta agar perusahaan dapat menyediakan lahan untuk penghijauan Mangrove kembali.

“Kalau diitung secara keseluruhan, sekitar 50 persen hutan mangrove beralih fungsi. Harusnya pembangunan tidak merusak hutan mangrove yang ada,” ujarnya.

Menurut Iwan, di dalam Peraturan Presiden Nomor 73 tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pengelolaan Ekosistem Mangrove, disebutkan, tentang pemanfaatan hutan mangrove secara berkelanjutan.

Karenanya, dia meminta agar pemerintah dapat membenahi sistem dan menanggulangi kerusakan hutan mangrove akibat alih fungsi.

“Bukan menyalahkan pemerintah yah, tapi pemerintahlah yang paling bisa didengar. Coba menata hutan mangrove, ini masih banyak yang perlu dibenahi,” tandasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending