Connect with us

METROPOLITAN

8.203 Anak di Kabupaten Pandeglang Stunting, Bupati Irna Kerahkan 13 OPD

Published

on

Bupati Pandeglang saat menghadiri kegiatan pencanangan aksi cegah stunting. (Istimewa).

Pandeglang – Ribuan anak di Kabupaten Pandeglang mengalami stunting. Dari catatan Dinas Kesahtan (Dinkes) Pandeglang terdapat sebanyak 8203 atau 39 persen anak mengalami stunting.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandegang Raden Dewi Setiani mengatakan, total anak yang terkena stunting 8303 anak, namun yang sudah tervalidasi ada 10 desa di enam kecamatan sebanyak 415 anak.

Penyebab stunting di Pandegang tinggi, kata Dewi karena faktor kemiskinan yang menyebabkan kekurangan gizi  kronis yang terus menerus. Meski begitu, hal itu dapat dicegah oleh berbagai pihak, termasuk dari pihak keluarga tentang pola asuh anak dan pola tambahan makan untuk anak.

“Ini bisa dicegah dengan kepedulian semua pihak , karena stunting bukan hanya urusan dinas kesehatan tapi urusan semua orang dimana permasalahanya multi sektor, ada dari lingkungan, sarana air kurang bersih,” katanya di acara pencanangan aksi cegah Stunting, Kamis, 8 Agustus, 2019.

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengintuksikan kepada setiap organisasi perangkat daerah (OPD) agar bekerjasama mengatasi persoalan stunting sehingga dapat menurun 10 persen dalam setahunnya.

“Dan ini semoga kita bisa selesai, dari 13 OPD kita keroyokan, tidak hanya Dinas Kesehatan,” kata Irna.

Tak hanya aparat pemerintah, Irna juga meminta semua pihak untuk mengkampanyekan mengenai stunting yang masih asing ditelinga masyarakat. Meski pun Presiden sudah tiga kali mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) terkait penanganan dan pencegahan stunting.

“Saya berharap kepada ibu-ibu muda, ini stunting masuk ke semua elemen, seluruh ditingkat ekonomi. Karena ada ibu-ibu yang rapih, cantik montok, anaknya kena status gizi buruk, karena gak paham cara memberikan asupan,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending