Connect with us

Berita Pemda

Bursa Inovasi Sarana Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi Desa di Lebak

Published

on

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat foto bersama dengan ketua panitia Bursa Inovasi Desa dan Tim Inovasi Desa. (Istimewa).

Lebak- Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengajak pemerintah desa untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat untuk kemajuan pembangunan dan pertumbuhan ekonomi desa. 

Pasalnya, memasuki era keterbukaan informasi dengan teknologi yang semakin canggih serta perubahan yang sudah sangat sedemikian dinamis tidak lagi bisa membuat aparatur berleha-leha dalam menjalankan program dan memberikan pelayanan. Terlebih, Kabupaten Lebak belum lama ini telah resmi melepas status daerah tertinggal.

Salah satu caranya, melalui kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID). Iti menilai kegiatan ini bisa menjadi arena bertemunya gagasan atau ide, tukar-menukar karya dan informasi antar desa.

BACA :  Pemkab Lebak Belajar Pengendalian Inflasi Daerah ke Bali

“Bursa inovasi desa merupaka sarana untuk menjembatani kebutuhan pemerintahan desa terhadap berbagai alternatif solusi dari permasalahan yang dihadapi, disamping untuk mengumpulkan inisiasi kebaruan dalam proses pembangunan desa yang lebih efektif dan segar,”kata Iti saat membuka kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) Klutser 1 Wilayah Utara Program Inovasi Desa (PID) Kabupaten Lebak bertempat di Gedung Assakinah Jalan Soekarno-Hatta, Lebak, Kamis, 8 Agustus 2019.

Sementara itu, Ketua Pelaksana, Deni Setiawan menambahkan, desa akan memilih program-program yang akan diaplikasikan di desanya masing-masing terkait bidang infrastruktur, bidang sumber daya manusia dan bidang kewirausahaan/ekonomi.

“Secara umum ini mendorong penggunaan dana desa yang lebih berkualitas, efektif dan efesien melalui berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat,” katanya.

BACA :  Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemkab Lebak Dapat Nilai B

Untuk diketahui Kegiatan yang yang digelar Pemkab Lebak melalui Tim Inovasi Kabupaten Lebak diikuti oleh 522 peserta dari 172 Desa dari 15 Kecamatan di Kabupaten Lebak.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler