Penyelam di Kota Cilegon Kompak Tanam Terumbu Karang di Dasar Laut Pulau Sangiang

Date:

Para penyelam di Kota Cilegon saat melakukan penanam terumbu karang di dasar laut pulau Sangiang. (Istimewa).

Cilegon- Puluhan penyelam di Kota Cilegon kompak menanam 50 terumbu karang di dasar laut Pulau Sangiang, Selasa, 13 Agustus 2019. Tujuannya agar menyelamatlam biota laut di wilayah Selat Sunda yang makin hari makin menipis.

Para penyelam merupakan anggota gabungan dari TNi AL (Lanal) Banten, Polres Cilegon, Kodim 0623 Cilegon, dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Cilegon. Sebelum melakukan kegiatan penanaman para penyelam diketahui telah melakukan survey lokasi dibawah laut.

Danlanal Banten Letkol Pelaut (P) Golkariansyah mengatakan, penanaman tersebut merupakan salah satu upaya mengajak sejumlah stakeholder di Banten untuk menjaga kelestarian alam bawah laut. 

“Kita ingin mengajak save our sea, kita ingin menyelamatkan khususnya laut Banten,”kata Golkariansyah.

Ia menilai saat ini kondisi terumbu karang di bawah laut Banten diketahui sudah banyak mengalami kerusakan. Untuk itulah stakeholder yang peduli akan lingkungan berinisiatif untuk melakukan kegiatan tersebut.

“Terumbu karang banyak yang rusak. Sebelum penanaman ini, kita pernah melaksanakan penyelaman juga, pengecekan, banyak terumbu karang yang rusak. Disitu timbul niat dari teman-teman juga, dari POSSI juga, menyelamatkan itu sendiri,”bebernya.

Sementara, Ketua POSSI Kota Cilegon, Irfan Ali Hakim mengungkapkan, trasplantasi terumbu karang ini diharapkan dapat memperbaiki kondisi biota laut.

“Jika ini rusak tentunya menggangu biota laut lainnya. Maka dari itu, kita perlu memperbaikinya agar ekosistem yang ada di bawah laut lainnya bisa seimbang,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Imbauan KASN untuk Tim Sukses Sekda Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

KASN Tegaskan Sekda Kabupaten Tangerang Dilarang Pendekatan ke Parpol Politik, Ini Aturannya!

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...