Connect with us

METROPOLITAN

Sirine Peringatan Tsunami Tiba-tiba Bunyi, Ratusan Warga Labuan Mengungsi ke Shelter Tsunami

Published

on

Warga Labuan mengungsi ke Shelter Tsunami saat simulasi penanganan bencana, Rabu, 14 Agustus 2019.(BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Ratusan warga di Kecamatan Labuan, Pandeglang berlari menyelamatkan diri setelah sirine peringatan tsunami tiba-tiba berbunyi Rabu, 14 Agustus 2019.

Wartawan BantenHits.com Engkos Kosasih melaporkan, warga yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa terpantau berhamburan meninggalkan tempat tinggal masing-masing menuju shelter tsunami yang terletak di Pasar Labuan.

Para relawan dan aparat, baik dari BNPB, BPBD, Polri dan TNI mengevakuasi satu persatu warga. Setelah semua warga berada di shelter tsunami, aparat dan relawan menenangkan warga yang ketakutan akan terjadinya tsunami di tempat yang sudah disediakan.

BACA :  Banyak Aduan Masyarakat, DPRD Cilegon Minta PT KS Tanggung Jawab soal Pencemaran Debu Batu Bara

Adegan di atas merupakan simulasi bencana dari BNPB, BMKG dan Pemerintah Kabupaten Pandeglang yang dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo.

“Latihan ini penting karena daerah kita rawan terjadi gempa, tsunami dan rawan gunung meletus. Namun cukup disayangkan yang ikut latihan ini banyak wanitanya. Lelakinya sedikit,” kata Doni dalam sambutannya.

Oleh karena itu, Doni meminta agar masyarakat menyiapkan diri dalam menghadapi bencana, salah satunya dengan simulasi bencana ini.

“Daerah kita rawan, oleh karenanya kita harus mempersiapkan diri, kita tidak boleh marah sama alam karena sebeleum kita lahir alam ini sudah berperoses, manusia sekali lagi harus hidup berdampingan dengan alam,” ujarnya.

BACA :  Mahasiswa Nilai DPRD Lebak Gagal Jalankan Fungsinya

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyanpaikan rasa terimakasih kepada BNPB yang telah mengadakan kegiatan tersebut, sehingga warga di Kecamatan Labuan dapat menyelamatkan diri ketika terjadi tsunami.

“Semoga gedung ini bermanfaat untuk warga di Labuan. Terimakasih BNPB, atas perhatiannya kepada masyarakat kami,” ujarnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana




Photos

  • Videos


  • Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

    Terpopuler