Bisa Hirup Udara Bebas, Enam Narapidana di Lapas Kelas II A Serang Beri Kejutan ’17 Agustus’ ke Keluarga

Date:

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Imam Suyudi (kiri) bersama Sekda Banten Al Muktabar melihat karya warga binaan pemasyarakatan di Lapas Kelas II Serang. Enam narapidana atau WBP di Lapas Kelas II Serang bisa menghirup udara bebas setelah mendapatkan Remisi 17 Agustus 2019.(BantenHits.com/ Nurmansyah Iman)

Serang – Enam Warga Binaan Pemasyarakatan atau WBP Lapas Kelas II A Serang yakni Ramadhona, Guntur, M.Fikri, Aji Saputra, Ratiman, dan Willy Anggar menghirup udara bebas di hari kemerdekaan Indonesia.

Aji Saputra (19), salah satu mantan WBP asal Ciruas, Kabupaten Serang, sengaja tidak mengabari keluarganya di rumah soal kebebasan dirinya, lantaran ingin memberi kejutan 17 Agustus 2019.

“Seneng (bisa bebas). Dari dalem juga pingin cepet keluar. Sengaja enggak kasih tahu orang tua, biar surprise aja, tahu-tahu nongol di rumah,” kata Aji ditemui di depan Lapas Kelas II A Serang, setelah menjalani masa tahanan 10 bulan, Sabtu 17 Agustus 2019.

Sementara Guntur (24), menahan keluarganya untuk tidak datang menjemput, karena keluarganya berada di Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel). Guntur telah menjalani masa tahanan sejak tahun 2018.

“Pastinya bahagia bisa kumpul sama keluarga lagi. Langsung pulang ke Palembang. Orang tua udah tahu. Yang pasti menaati aturan, ikut ibadah, ngaji,” terang Guntur.

Kepala Kanwil Kemenkumham Banten, Imam Suyudi, berharap silaturahmi antara petugas Kemenkumham dengan para mantan WBP tetap terjaga dengan baik. Jika para mantan WBP datang ke Lapas, Rutan maupun ke Kemenkumham bukan lagi sebagai narapidana, namun menjadi orang yang sukses.

“Pemberian remisi sebagai bentuk penghormatan negara memberikan remisi kepada WBP, agar WBP itu bisa menyadari kesalahanya. Setelah mereka mendapatkan (pelatihan keterampilan) semua itu, bisa hidup bersama masyarakat secara produktif. Kembali lagi ke sini silaturahmi sebagai pengusaha sukses,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Provinsi Banten, mewakili Gubernur Banten, mengungkapkan setelah dilatih keterampilan selama di Lapas WBP diharapkan mendapat bekal dan selain itu Untuk ke empat WBP yang di bebaskan pada pada 17 Agustus 2019 ini mendapatkan uang transfot dari Pemerintah

“Agar sudara- saudara kita itu mendapatkan bekal dan menapaki hidup lebih baik, dan pemerintah juga memberikan uang transfortasi sekedarnya,” katanya ditemui usai menghadiri kegiatan pemberian remisi di Kantor Lapas kelas II A Serang.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...