Connect with us

METROPOLITAN

MUI Banten Ingin Masyarakat Tak Terprovokasi Isu Kericuhan Papua

Published

on

Sekretaris MUI Banten Zakaria saat memberikan keterangan pers. (BantenHits.com/Engkos Kosasih).

Pandeglang – Majlis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten meminta agar masyarakat di Banten tidak terprovokasi oleh kasus kericuhan Papua yang terjadi di Surabaya, Malang, Semarang, dan di sejumlah wilayah Papua.

Sekretaris Umum MUI Banten, Zakaria mengatakan kasus tersebut harus di percayakan kepada pemerintah, untuk menyelesaikan kasus tersebut, sehingga tidak timbul sentimen yang bisa akhirnya mengglobal, membesar, bisa akhirnya menimbulkan konflik.

“Kita percayakan kepada pemerintah untuk menyelesaikan permasalahan ini supaya tetap kembali pada kondisi yang damai,” katanya di Pandeglang, Kamis, 22 Agustus 2019.

Zakaria beranggapan dengan mempercayakan kasus tersebut kepada pemerintah adalah salah satu upaya agar situasi Indonesia secara umum kembali kondusif.

“Kita mengimbau untuk masyarakat Banten tidak mudah terpancing, jangan sampai menimbulkan adanya potensi terjadinya benturan satu sama lain,” imbuhnya.

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan berkomitmen untuk tidak saling menuduh dan menyudutkan satu sama lain, melainkan menciptakan suasana yang harmonis. Dia juga meyakini, bahwa kasus tersebut tidak berdampak di Banten.

“Silakan untuk masalah keyakinan masing-masing berbeda, tapi kita harus hidup berdampingan satu dengan yang lain,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending