Connect with us

METROPOLITAN

Resmikan Gedung IBI Senilai Rp1,3 Miliar, Irna Ingin Bidan di Pandeglang Kerja Ekstra Tekan Angka Kematian Ibu dan Anak

Published

on

Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menandatangani prasasti peresmian gedung IBI Kabupaten Pandeglang. (BantenHits.com/Engkos Kosasih).

Pandeglang – Bupati Pandeglang, Irna Narulita meresmikan gedung Ikatan Bidan Indonesia (IBI) di Kelurahan Saruni, Kecamatan Majasari, Pandeglang. Pembangunan gedung senilai 1,3 Miliar itu dari hasil swadaya anggota IBI yang tersebar di 35 Puskesmas.

Dalam sambutannya, Irna meminta agar para bidan mampu menekan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Pandeglang yang jumlahnya masih tinggi.

“Gedung ini harus menjadi tempat untuk meningkatkan kapasitas Bidan di Pandeglang, agar angka kematian ibu dan anak turun pada tahun ini. Minimal 50 persen,” kata Irna, Kamis 29 Agustus 2019.

BACA :  Honor Komisioner KTP Lebak Jilid III Disoal

Data yang diterima Bantenhits dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, angka kematian ibu dan anak pada tahun 2017 sekitar 38 kasus, sementara pada tahun 2018 mengalami peningkatan sekitar 2 kasus kematian.

Bidan di Pandeglang, Tugas Berat Kesejahtraan Minim !

Tugas yang di emban bidan yang ada di Kabupaten Pandeglang memang sangat berat. Di balik itu semua, kesejahtraan bidan masih minim. Bahkan, ada bidan yang tidak memiliki gaji tetap setiap bulannya.

Data yang diterima dari IBI Pandeglang, bidan yang masuk dalam anggota IBI berjumlah 926 orang Bidan yang terdiri dari 435 PNS 472 TKS dan 64 non pemerintah.

Ketua IBI Pandeglang, Eni Yanti mengatakan bila berbicara kesejahtraan bidan yang non PNS dan non pemerintah memang masih kurang dengan tanggungjawab yang begitu berat. Namun, dengan semangat membangun yang di miliki IBI, para bidan tersebut tidak pernah mengeluh.

BACA :  Petugas Lapas Kelas IIA Serang Gagalkan Penyelundupan Narkoba yang Dikirim ke Warga Binaan Melalui Jalur Ini

“Kesejahtraan non PNS memang jauh, kita lihat non PNS tidak memiliki gajih, tapi dengan semangat IBI, bidan tanpa pamrih, berangkat dari sana bidan tidak pernah mengeluh, karena mereka juga ada yang mandiri dengan membuka praktek di rumahnya,” ungkapnya.

Eni memastikan bidan di Pandeglang akan mengawal angka kematian ibu dan anak yang masih tinggi, meski kesejahtraan masih bidan masih minim, dengan cara peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota IBI.

“Pertama IBI akan meningkatkan SDM, dalam menata kelola kesehatan ibu dan anak. IBI juga akan melakukan pembinaan kepada anggota yang jumlahnya 926 dan memberikan pelayanan yang optimal, karena bidan ujung tombak kesehatan di masyarakat,” tandasnya.

BACA :  Polisi Kejar Aktor Utama Penyelundupan Ribuan Benur Ilegal di Pandeglang

Editor: Fariz Abdullah



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler