Connect with us

METROPOLITAN

Terdengar Ledakan, Sebuah Rumah di Kawasan Banten Lama Terbakar saat Peringatan 1 Muharam

Published

on

Sebuah rumah di Kawasan Banten Lama, Kota Serang terbakar, Sabtu malam, 31 Agustus 2019. (BantenHits.com/Mahyadi)

Serang – Sebuah rumah dimilik Safiudin (80) di Kawasan Wisata Banten Lama, Kota Serang, ludes dilalap api, Sabtu malam, 31 Agustus 2019. Peristiwa terjadi saat sejumlah warga tengah memperingati malam 1 Muharam dengan pawai obor.

Wartawan BantenHits.com Mahyadi melaporkan, peristiwa kebakaran tak sampai mengganggu pelaksanaan peringatan 1 Muharam di Banten Lama karena jaraknya cukup jauh.

Namun, kebakaran tersebut membuat warga di lingkungan padat penduduk itu panik dan berhamburan ke luar rumah. Warga sempat mendengar suara ledakan sebelum muncul kobaran api. Ledakan diduga bersumber dari kompor.

Intan, salah seorang warga yang berada di lokasi kejadian mengatakan, hampir semua warga yang mayoritas panik menyelamatkan diri.

“Tadi ada ledakan kayaknya kompor meledug, pedagang juga pada lari-lari, tadi perkiraan 20.30 WIB,” katanya.

Akibat ledakan itu, lanjut Intan, satu rumah habis terbakar dan hingga saat ini belum terlihat adanya mobil pemadam kebakaran di lokasi kejadian.

“Belum ada damkar, warga yang berusaha madamin, kebetulan lagi ada pawai obor di sini, saya lagi duduk tadi di sini terus ada ledakan, satu rumah itu di belakang tulisan Kesultanan Banten,” jelasnya

“Udah gak berbentuk rumah lagi, habis kebakar, rumahnya dari kayu, karena gak ada rumah lain lagi jadi cuma rumah itu aja yang kebakar, sekarang api sudah mulai padam,” tandasnya.

Ledakan dari Korek

Kapolsek Kasemen Ajun Komisaris Polisi (AKP) Muh. Cuaib saat dihubungi BantenHits.com memastikan ledakan yang terdengar bukan dari kompor melainkan dari korek gas.

Menurut Cuaib, pemilil rumah saat kejadian hendak menyalakan obat nyamuk di atas kardus. Namun tiba tiba koreknya meledak bocor, kemudian menyambar kardus.

“Pada saat api itu membakar rumah, pemilik langsung keluar,” terangnya.

Cuaib mengakui rumah yang terbakar memang masuk Kawasan Banten Lama, tapi jauh dari Masjid Agung Kesultanan Banten.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, pemilik rumah mengalami kerugian materil mencapai puluhan juta.

Editor: Darussalam Jagad Syhadana

Trending