Connect with us

Berita Pemda

2020 Pengelolaan RSUD Pakuhaji Naik Status Jadi BLUD

Published

on

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang yang juga Dewan Pengawas RSUD Pakuhaji Moch Maesal Rasyid (kanan) melakukan kunjungan ke RSUD Pakuhaji, Kamis, 12 September 2019.(FOTO: Infokom Pemkab Tangerang)

Tangerang – Pemerintah Kabupaten Tangerang bakal tingkatkan kualitas pelayanan RSUD Pakuhaji menjadi Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD pada tahun 2020 mendatang.

Hal ini seiring dengan tingginya permintaan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah Pantai Utara atau Pantura Kabupaten Tangerang.

Hal tersebut dikatakan Dirut RSUD Pakuhaji dr. Corah saat menerima kedatangan Badan Pengawas RSUD Pakuhaji, Kamis, 13 September 2019.

Menurut Corah, data pada 2018 terdapat 6.000 pasien dilayani di RSUD Pakuhaji, sedangkan pada 2019 hingga bulan Agustus ini saja sudah mencapai lebih dari 6.000 warga terlayani di RSUD ini.

“Pada tahun 2018, kita bisa memberikan pelayanan kepada 6.000 pasien dan tahun ini terus mengalami peningkatan jumlah pasien,” terang Corah dalam keterangan tertulisnya.

Mantan Kabid yankes Dinas Kesehatan ini mengakui, tingginya animo masyarakat dalam memberikan kepercayaan kepada RSUD Pakuhaji dalam memeriksakan kesehatan menjadi salah atu motivasi manajemen untuk terus melakukan pembenahan dan peningkatan mutu kualitas RSUD Pakuhaji.

“Dengan segala kekurangan yang ada kita optimis bakal meningkatkan status RSUD Pakuhaji menjadi BLUD bagi Kabupaten Tangerang,” paparnya.

Corah menjelaskan, saat ini masih ada beberapa kekurangan dalam infrastruktur ruangan poli untuk pelayanan pasien di antaranya ruang husus untuk dokter Spesialis Poli Mata, Poli Kulit, Poli Jiwa dan Poli Bedah Ortopedi.

“Untuk penambahan layanan sedang menunggu selesainya gedung 2 yang baru yang nanti di situ tambahan ruang rawat inap, tambahan ruang operasi dan poli klinik untuk lebih memaksimalkan pelayanan diwilayah utara Tangerang,” ungkapnya.

Terkendala Lahan

Untuk menuju peningkatan status ke BULD, lanjut Corah, pihaknya memiliki kendala belum adanya perluasan lahan di belakang RS untuk parkir, gudang obat, gudang alat, gedung laundry.

Sedangkan pada tahun ini, diakui Corah, penambahan jenis layanan baru juga dimaksimalkan demi melayani masyarakat yang membutuhkan pertolongan medis.

“Pelayanan ICU dengan pengadaan sarana prasarananya termasuk penambahan jumlah SDM serta survey verifikasi ke-l akreditasi SNARS, juga penerapan PPK-BLUD survey verifikasinya, ” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesal Rasyid yang juga Dewan Pengawas RSUD Pakuhaji mengatakan, pemerintah akan membantu manajemen RSUD Pakuhaji dalam memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat tersebut.

“Pelayanan kesehatan menjadi urusan penting pemerintah kabupaten Tangerang, mengingat ini bagian dari visi misi Bupati Tangerang, sehingga segala kebutuhan untuk peningkatan kualitas pelayanan akan kita penuhi,” tegasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending