Connect with us

METROPOLITAN

Warga yang Butuh Darah Darurat, Kini Ada “SiDONI” Hadir Berikan Pelayanan Ekstra Cepat

Published

on

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar memberikan sambutan saat launching aplikasi SiDONI alias sistem informasi donor darah Indonesia di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Minggu, 15 September 2019.(FOTO: Infokom Pemkab Tangerang)

Tangerang – Unit Donor Darah atau UDD Kabupaten Tangerang bersama PMI Kabupaten Tangerang membuat terobosan untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap penyediaan darahdarah, terutama ketika saat kondisi darurat.

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi,. UDD Kabupaten Tangerang melauncing aplikasi SiDONI alias sistem informasi donor darah Indonesia di ICE BSD, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Minggu, 15 September 2019.

Ketua UDD Kab Tangerang Dr. Zainal Muttaqin mengatakan, UDD Kabupaten Tangerang melauncing aplikasi SiDoni yang nantinya bisa dipergunakan untuk pendonor agar dapat mudah mengakses Bagaimana dan dimana tempat untuk melakukan donor dan mendapatkan darah serta memberikan juga informasi bagi masyarakat tentang donor darah.

“Aplikasi ini memiliki fitur yang sangat bermanfaat berisi jadwal donor darah setiap hari di mana saja dan edukasi dalam ketersediaan darah untuk mengecek darah yang terupdate kemudian agenda donor darah sudah waktunya atau belum, serta berisi biodata pendonor dan aplikasi ini bisa membantu masyarakat untuk mendapatkan informasi yang sangat dibutuhkan,” kata Zainal saat memaparkan SiDoni di acara Simposium peningkatan mutu dan kualitas darah di era milenial seperti dilansir dalam keterangan tertulis.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar saat launching aplikasi SiDONI. (FOTO: Infokom Pemkab Tangerang)

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengapresiasi peluncuran SiDoni. Aplikasi ini melalui turunan-turunannya bisa menentukan objek untuk donor darah, mendistribusikan kantong kantong darah dari rumah sakit dari UDD maupun ke rumah sakit atau puskesmas.

“Pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mengapresiasi dan mendukung seluruh program ini dan mudah-mudahan bisa menjadi program unggulan dari Kabupaten Tangerang untuk membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Zaki menambahkan, melalui SiDONI diharapkan terjadi penyebaran informasi dan pengetahuan soal donor darah kepada masyarakat.

“SiDONI ini yang membuat masyarakat tahu jelas apa sih donor darah itu, dan ini juga akan menarik kalangan milenial dengan aplikasi ini.

Sementara itu, Soma Atmaja selaku Ketua PMI Kabupaten Tangerang mengungkapkan, diselenggarakan simposium diharapkan kamu meningkatkan kualitas pelayanan darah oleh pengurus PMI Kabupaten Tangerang.

“Kegiatan hari ini selain melauncing aplikasi SiDONI juga diadakan simposium dengan tema peningkatan mutu dan kualitas darah di era milenial, karena kualitas darah yang di tampung di PMI maupun UDD haruslah benar-benar steril dan aman dari kontaminasi penyakit agar masyarakat merasa aman dan terjamin,” tutupnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending