Connect with us

METROPOLITAN

Jaga Kualitas Udara, Pemkot Tangerang Gelar Uji Emisi di Jalan MH Thamrin

Published

on

Petugas DLH Kota Tangerang saat melakukan uji emisi terhadap salah satu kendaraan roda empat yang melintas di Jalan MH Thamrin. Selasa, 17 September 2019. (Hendra Wibisana/BantenHits.com).

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang melaksanakan uji emisi di jalan MH Thamrin, Cikokol, Kota Tangerang, Selasa, 17 September 2019. Tujuannya untuk menjaga kualitas udara di kota terbesar di tanah jawara ini.

Kegiatan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang ini menyasar para pengendara roda empat pengangkut barang dan penumpang yang berbahan bakar solar dan bensin.

Kasie Pemantauan Lingkungan DLH Kota Tangerang, Jarkasih mengatakan uji emisi sendiri dilakukan dengan menggunakan alat ukur khusus pengukur kualitas gas buang atau Multi Gas Analyzer sehingga ambang batas dari gas buang kendaraan bisa diketahui.

“Ini sebagai langkah menjaga dan mengendalikan kualitas udara sekitar jalan raya agar terbebas dari sumber pencemaran gas buang kendaraan. Meski hingga kini kualitas udara Kota Tangerang masih masuk dalam kategori sedang,”kata Jarkasih kepada awak media.

Jarkasih menerangkan pelaksanaan uji emisi sendiri akan dilakukan selama tiga hari kedepan dengan target mampu menguji kualitas gas buang dari 2 ribu kendaraan baik pengangkut penumpang maupun barang.

“Kalau yang pengangkut barang kita fokuskan kendaraan luar daerah yang hendak menghantarkan barang ke kota Tangerang,”terangnya.

“Hari pertama masih banyak yang tidak lulus uji emisi atau gas buangnya melebihi ambang batas. Kita berikan teguran dan meminta para pengendara untuk turut peduli pada kualitas udara salah satunya dengan cara rutin melakukan uji emisi kendaraan,”sambungnya.

Sementara Rony salah satu sopir truk mengaku tidak mengetahui adanya uji emisi yang dilakukan Pemkot Tangerang lantaran baru pertama kali digelar.

“Tapi saya bangga bisa ikut uji emisi, karena kita bisa tahu bagaimana kualitas gas buang kendaraan kita,”ucapnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending