Tukin Kecil, Enam OPD di Pandeglang Tak Diminati Pejabat Luar Daerah

Date:

Kepala BKD Kabupaten Pandeglang Ali Fahmi. (Dok.BantenHits).

Pandeglang – Seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi di OPD yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pandeglang tidak diminati oleh pejabat dari luar daerah.

Pasalnya sampai batas waktu penutupan tanggal 14 September lalu, jumlah pendaftar yang mendaptar di 6 OPD hanya sebanyak 33 orang, seluruhnya berasal dari Pandeglang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Kabupaten Pandeglang, Ali Fahmi Sumanta mengungkapkan, sepinya pejabat dari luar Pandeglang yang mendaftar, diduga akibat besaran Tunjangan Kinerja (Tukin) di Pandeglang yang tergolong kecil.

Angka tunjangan kinerja di Pandeglang bahkan kabupaten kota lain, berada jauh dibanding tukin di Pemerintah Provinsi Banten. Akibatnya, lebih banyak pejabat yang tertarik mendaftar ke Pemprov, termasuk pejabat Pandeglang sendiri.

“Kalau dari luar daerah, belum ada. Karena tadi itu yang pernah dibahas. Kenapa banyak yang tidak tertarik mengikuti seleksi di daerah? Karena berbeda tukinnya. Sehingga ini lah dirapatkan di provinsi. Kalau sama, maka bisa diminati,” ujarnya, Selasa, 17 September 2019.

Namun begitu Fahmi menyebut, jumlah pendaftar seleksi yang mencapai 33 orang, dinilai sudah memenuhi harapan. Mereka tersebar ditujuh posisi yang dilelangkan. Dinas Sosial (Dinsos) dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) disebut paling diminati karena terdapat lebih dari lima pelamar.

“Jumlah 33 pelamar sudah memenuhi kuorum dan sudah melebihi harapan kami. Yang mendaftar bervariasi, ada yang dari camat, sekretaris dan kabag. Namun intinya untuk tingkat lokal, alhamdulillah kita sudah punya kuota,” kata Fahmi.

Dia menjelaskan, pekan ini pihaknya akan menyampaikan hasil pendaftaran ke Panitia Seleksi (Pansel) dan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk dilakukan verifikasi administrasi. Diharapkan, pekan depan hasilnya bisa diketahui supaya segera melanjutkan ketahap berikutnya.

“Target kami ini selesai bulan Desember dan bisa dilantik. Jadi mekanisme dan tahapan kita tempuh, mudah-mudahan di November sudah tahapan akhir yang bisa kita sampaikan ke pimpinan,” tandas mantan Kepala Dinas Ketahanan Pangan itu.

Diketahui, Pemkab Pandeglang membuka seleksi terbuka jabatan tinggi pratama untuk posisi pimpinan ditujuh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Ketujuh posisi itu meliputi Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Lalu Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perikanan, serta Staf Ahli bidang Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia.

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...