Pandeglang Jadi Percontohan Penanganan Stunting Tingkat Nasional

Date:

Bupati Pandeglang Irna Narulita saat memberikan sambutan dalam acara kaji banding lintas sektoral dan lintas program. (BantenHits.com/Engkos Kosasih).

Pandeglang – Pemkab Banyumas, Jawa Tengah melakukan kaji banding ke Kabupaten Pandeglang dalam penanganan kasus stunting. Dalam kesempatan itu, Pemkab Banyuwangi mengunjungi wilayah yang menjadi lokus penanganan stunting di Pandeglang.

Wilayah lokus stunting ini seperti di Kecamatan Koroncong, selama 6 bulan mengalami penurunan sebanyak 8,4 persen. Hal ini mengundang perhatian beberapa Kabupaten yang ada di Indonesia untuk melakukan kaji banding di Pandeglang.

Assisten Pemkesra Kabupaten Banyumas Sri Yono mengatakan, kedatangannya ke Pandeglang bersama rombongan ingin mengetahui bagaimana cara penurunan stunting di Pandeglang dalam waktu yang singkat.

“Pada mulanya kami berkonsultasi ke Kemenkes untuk mendapatkan arahan terkait penurunan angka stunting di wilayah kami. Dari pihak Kemenkes menyarankan, jika kami ingin cepat dalam penurunan stunting silahkan berkunjung ke Pandeglang,” katanya, Kamis, 19 September 2019.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Pandeglang, Raden Dewi Setiani mengatakan selama 6 bulan terakhir pihaknya terus melakukan aksi pencegahan stunting di 10 Desa yang ada di 6 Kecamatan.

“Selain Banyumas, kedepan akan ada dari Kalimantan yang akan kaji banding kesini. Di 10 desa (Lokus) 400 bayi yang terindikasi Stunting, tapi sudah mengalami penuruan,” jelasnya.

Dewi menjelaskan, penanganan kasus stunting di Pandeglang ini dilakukan secara kerjasama dengan beberapa pihak salah satunya PT Danone Indonesia. Sehingga, penanganannya cepat.

“Alhamdulilah penanganan kasus stunting di kita menjadi pembelajaran sampai tingkat nasional,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Menang Besar Musim Lalu di Putaran Dua, Kini Kekalahan Lebih Besar Justru Dialami Persita

Berita Sepakbola - Tim sepakbola kebanggaan masyarakat Tangerang, Persita...

Catat! 17 – 31 Maret 2022 BKD Kabupaten Pandeglang Buka Pendaftaran Lelang Jabatan Eselon II B

Pandeglang - Badan Kepegawaian dan Diklat atau BKD Kabupaten...

Bupati, Asda dan Seluruh Kepala OPD di Pandeglang Bakal Berangkat ke Bogor Besok

Pandeglang - Sejumlah pejabat di lingkungan Pemda Pandeglang, akan...

Pemkab Pandeglang Mulai Sosialisasikan Standar Pelayanan Minimal

Pandeglang - Pemerintah Kabupaten Pandeglang mulai mensosialisasikan Standar Pelayanan...