Connect with us

METROPOLITAN

Tahun Ini, 500 Hektare Area Pesawahan di Lebak Beralih Fungsi

Published

on

Kekeringan melanda 553 hektar sawah di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Lebak – Sekitar 500 hektar area persawahan di Kabupaten Lebak pada tahun ini beralih fungsi. Sebelumnya, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi mengatakan, pemkab akan membatasi alih fungsi lahan untuk meningkatkan produksi pertanian.

“Telah beralih fungsi untuk pembangunan jalan tol dan di wilayah Maja,”kata Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Lebak.

Dede menyebut, dari semula luas lahan pertanian yakni 47.350 hektar kemudian berkurang menjadi 40.350 hektar setelah penetapan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

“Walaupun fungsional masih berfungsi sekarang juga. Kenapa berkurang, karena lahan sawah di Maja dan sekitarnya sudah menjadi Kota Kekerabatan. Kemudian untuk pengembangan kota di Rangkasbitung tidak bisa kita hindari akan terjadi alih fungsi, itu tidak dimasukkan ke LP2B,” ungkap Dede.

Terkait dengan pembatasan lahan pertanian, Dede mengaku pihaknya tidak bisa menolak jika lahan digunakan untuk kepentingan pemerintah, seperti proyek pembangunan jalan tol.

“Untuk pengembangan jalan kami tidak bisa menolak karena itu untuk kepentingan pemerintah. Contoh jalan tol; di wilayah Cibadak, Cikulur dan Cileles sudah berlalih fungsi untuk jalan tol. Tapi tidak lebih dari 500 hektar,” ujarnya.

“Tapi untuk kepentingan yang lain seperti perumahan, pabrik dan lain-lain ya lebih baik kami geser. Kalau pun menggunakan lahan sawah kami survei dulu apakah itu masuk kategori produktif atau tidak. Kalau (lahan) itu LP2B, kami tidak bisa memberikan rekomendasi,” paparnya.

Meski demikian, Distanbun lanjut Dede tetap berupaya untuk mengganti lahan yang telah beralih fungsi.

“Kami upayakan lokasi-lokasi lain untuk pengembangan sawah. Contohnya di wilayah Cirinten kami cetak sawah 125 hektar, dan bekerja sama dengan Dinas SDA untuk membuka lokasi lain, buka bendungan dan kalau memungkinkan membuka lahan sawah ya kita buka,” tutupnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending