Connect with us

METROPOLITAN

Bentuk Karakter dan Tanamkan Disiplin Pada Anak Melalui Lomba Pocil Tingkat Kabupaten Lebak

Published

on

Para Pesrta Pocil ketika foto bersama dengan Panitia Lomba Pocil. (Istimewa).

Lebak- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Lebak menggelar lomba Polisi Cilik atau Pocil, di Mapolres Lebak, Sabtu, 21 September 2019. Tujuannya untuk membentuk karakter sekaligus menanamkan jiwa disiplin pada anak.

Dalam pelaksanaannya, lomba Pocil diikuti ratusan pelajar Sekolah Dasar (SD) dari 24 Kecamatan di Kabupaten Lebak yang bekerjasama dengan Polres Lebak.

“Iya kegiatan ini juga untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas kepada anak sejak di usia dini,”kata Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Lebak, Abdul Malik saat dihubungi BantenHits.

Malik menegaskan lomba Pocil sendiri merupakan program tahunan Dindikbud dengan Polres Lebak.

“Ya kita ingin para pelajar ini terbentuk karakternya, mentalnya terlatih dan memiliki jiwa yang disiplin. Sehingga bisa mengutamakan kepentingan orang lain di banding kepentingan pribadi,”tegasnya.

Ia berharap melalui lomba Pocil ini dapat mencetak generasi-generasi tangguh, bertanggung jawab, berkarakter dan tentunya disiplin.

“Karena dengan lomba Pocil ini anak akan paham bagaimana menjadi sosok yang tangguh, tegap, disiplin dan cerdas. Karena memang dalam lomba Pocil ini juga ada tes potensi akademik,”imbuhnya.

Sementara panitia lomba Ipda R Agung mengatakan dari 28 kecamatan di Kabupaten Lebak yang mendaftarkan ada 24 Kecamatan. Para peserta sambung Agung akan mengikuti lomba baris berbaris, variasi dan Cerdas Cermat.

“Kita juga selektif dalam menentukan juara, kita lihat kekompakannya, ketegasan dan kerapihannya. Karena memang ada lomba baris berbaris, variasi sama lomba cerdas cermat,”tandas Kanit Patwal Polres Lebak ini.

Editor: Fariz Abdullah

Trending