Connect with us

METROPOLITAN

Gara-gara Benda Bersejarah Ini Pembangunan Kawasan Penunjang Wisata Banten Lama Ditunda

Published

on

Proses pembangunan kawasan Penunjang Wisata Banten Lama. (BantenHits.com/Mahyadi)

Serang- Pemerintah Kota Serang membangun Kawasan Penunjang Wisata (KPW) Banten lama. Tujuannya untuk mempercantik salah satu tempat bersejarah di ibu kota Banten.

Dengan menelan APBD Pemkot Serang kurang lebih 9,6 miliar. Rencananya pemerintah kota Serang akan membangun Kios, tempat kuliner, lahan parkir.

Meski ditargetkan rampung pada Desember 2019. Namun nampaknya Pemkot akan kesulitan memenuhi target itu. Pasalnya saat ini pembangunan kawasan mengalami penundaan.

Penyebabnya, saat proses pengerukan petugas dilapangan menemukan bongkahan batu, yang diduga reruntuhan sejarah Banten.

“Pembangunan gapura, pondasinya sudah di gali tapi ada cagar budaya,” kata walikota Serang Syafrudin kepada awak media di Keraton kesultanan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Senin 23 September 2019.

Akhirnya, dijelaskan walikota untuk pembangunan gapura KPW di hentikan sementara sambil menunggu hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh pihak Cagar budaya.

“Artinya pindah geser kalau tidak bisa dilanjutkan,” ucapnya.

Ditambahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Serang M Ridwan mengungkapkan pihaknya sudah lakukan koordinasi dengan pihak Cagar budaya.

“Sudah di koordinasikan, belum ada keputusan itu Cagar budaya atau bukan, kalau itu galian cagar budaya kungkinan kita geser,” tuturnya.

Pengerjaan KPW Kesulitan Banten ditargetkan selesai pada Desember 2019 mendatang, dan mengunakan APBD Pemkot Serang kurang lebih 9,6 miliar.

“Pembangunan KPW 11 Hektar, ini diperuntukkan Kios, tempat kuliner, lahan parkir, mungkin ada pengembangan lain buat ada progres acara pemprov pusatkan di sini,” tegasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending