Connect with us

OLAHRAGA

Tukik Anyer Sailing Regatta 2019, Warming Up Atlet Pra-PON dengan Kemasan ‘Fun n Game’

Published

on

Para peserta Tukik Anyer Sailing Regatta 2019 unjuk kebolehan mengendalikan selancar angin di Pantai Anyer, Sabtu, 28 September 2019. (BantenHits.com/ Darussalam Jagad Syahdana)

Serang – Sedikitnya 40 atlet selancar angin dari delapan kontingen yang berasal dari lima provinsi di Indonesia, yakni Kalimantan Timur, Jawa Barat, DKI Jakarta, Aceh, dan Banten, mengikuti event Tukik Anyer Sailing Regatta 2019 yang digelar di Pantai Anyer, 24-28 September 2019.

Atlet yang mengikuti event ini diketahui merupakan atlet yang dipersiapkan untuk Pra Kualifikasi PON pada Oktober 2019. Karenanya, event Tukik Anyer Sailing Regatta 2019 ini sekaligus warming up bagi mereka yang akan berlaga di Pra kualifikasi PON.

Ketua Panitia Tukik Sailing Anyer Regatta, Noki kepada BantenHits.com mengungkapkan, meski event ini jadi warming up atlet, pihaknya sengaja mengemas lewat fun n game untuk menghibur pengunjung di Pantai Anyer.

“Tukik Anyer Sailing Regatta ini adalah yang kedua setelah sebelumnya digelar tahun 2018,” kata Noki, Sabtu, 28 September 2019.

Pada perhelatan pertama, lanjutnya, Tukik Sailing Club selaku penyelenggara menggelar acara khusus untuk mengenang Yono, tokoh pencetus selancar angin di Pantai Anyer yang kini sudah meninggal dunia.

Pada event pertama itu, Tukik Anyer Sailing Regatta hanya mengundang atlet-atlet selancar angin yang ada di Provinsi Banten, seperti Anyer, Serang, dan Cilegon.

“Karena antusiasme peserta tinggi, satu itu kami rencanankan untuk membuat seperti sekarang dengan mengundang atlet dari berbagai daerah (di luar Banten) tapi dikemas dengan konsep fun n game,” terangnya.

Event Tukik Anyer Sailing Regatta 2019 mendapatkan respons positif dari pengunjung Pantai Anyer. Event ini merupakan salah satu cara untuk membangkitkan kembali animo wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Anyer. (BantenHits.com/ Darussalam Jagad Syahdana)

Menghidupkan Pariwisata

Selain soal olahraga, Noki menambahkan, perhelatan Tukik Anyer Sailing Regatta digelar untuk meningkatkan kembali gairah kunjungan wisata pantai setelah sempat lesu pasca-Tsunami Selat Sunda.

“Diselingi selain itu, kita juga bikin panggung hiburan untuk rakyat,” ucap Noki.

Dalam panggung hiburan, dipentaskan berbagai atraksi pertunjukan masyarakat sekitar, seperti drama, pertunjukan musik, dan seni tradisional.

“Kita juga bikin lomba melukis perahu nelayan lalu dibalapkan di pantai. Ada juga demo memasak untuk ibu-ibu sekitar sini. Ada juga lomba menghias kue,” jelasnya.

Mumu, seorang karyawan PT Succofindo yang tengah mengikuti family gathering di Pantai Anyer, mengaku terhibur dengan pelaksanaan Tukik Anyer Sailing Regatta.

“Seru juga bisa lihat perahu layar dari dekat. Kalau bisa event seperti ini dibikin rutin. Terus masukan juga, biar pengunjung makin nyaman, faktor safety lebih ditingkatkan,” jelasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Trending