Jadi Pusat Industri, Kota Tangerang dan Cilegon Ternyata Belum Memiliki Laboratorium Lingkungan Hidup

Date:

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Banten, M Husni Hasan, mendesak Kota Tangerang dan Kota Cilegon segera membangun Laboratorium Lingkungan Hidup.(BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Dua wilayah di Provinsi Banten, yakni Kota Tangerang dan Cilegon, dikenal sebagai pusat Industri. Jika pengawasan lemah, pelaku industri yang nakal sangat mungkin membuang limbah pabrik di sembarang tempat hingga dapat mengancam pencemaran lingkungan.

Menindaklanjuti kemungkinan tersebut,  Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Provinsi Banten, M Husni Hasan, mendorong dua kepala daerah untuk membentuk laboratorium lingkungan hidup si wilayahnya.

“Mereka (dua daerah) bahkan kita dengan pusat Litbang (penelitian dan pengembangan) dan Laboratorium Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan RI, sama-sama kita mendorong dua daerah ini agar memiliki laboratorium,” paparnya kepada awak media, Rabu 2 Oktober 2019.

Ia menyampaikan, Provinsi Banten dalam posisinya sangat strategis secara geografis dan kemudian Banten yang menjadi tujuan utama investasi nasional.

“Investasinya di Banten ini bahkan menduduki peringkat pertama tahun kemarin dan tahun sebelumnya dan ini berimplikasi terhadap degradasi lingkungan dengan ruang yang sangat terbatas,” paparnya.

Diketahui provinsi Banten memiliki luas 8.651,2 kilometer persegi dan menjadi tujuan investasi, yang kemudian berdampak pada degradasi lingkungan kalau lingkungan tidak bisa kendalikan.

“Maka Banten ini sudah tidak nyaman sebagai kawasan hunian karena ya sudah tercemar oleh karena itu kita harus bersama-sama sepakat untuk mengendalikan ataupun mencegah pencemaran lingkungan,” harapnya.

Untuk pengadaan laboratorium lingkungan hidup, Husni kembalikan lagi kepada dua kepala daerah tersebut.

“Ya itu tergantung bagaimana kebijakan daerah Kita kan bisa mendorong dan kita juga mendorong kabupaten kota lainnya untuk apa namanya mengalokasikan dana yang memadai untuk perkembangan laboratorium itu tadi karena kita harus menjaga daya dukung daya tampung ruang ini ini akan akan tetap bisa dikendalikan,” pungkasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...

Digugat Warga dan ‘Diminta’ Pengembang, Bagaimana Nasib 24 Aset Milik Pemkab Tangerang Sekarang?

Berita Tangerang - Sedikitnya 24 aset Pemkab Tangerang saat...