Connect with us

METROPOLITAN

Evakuasi Hiu Paus yang Terdampar di Pantai Wanasalam Lebak Berlangsung 12 Jam Melibatkan 100 Orang

Published

on

Hiu paus saat terdampar di pesisir Pantai Wanasalam. (Istimewa)

Lebak – Seekor hiu bintang atau hiu paus (Rhincodon Typus) ditemukan terdampar di pesisir Pantai Wanasalam, Kampung Kertamulya, Desa Wanasalam, Kecamatan Wanasalam, Kabupaten Lebak, Senin, 7 Oktober 2019.

Penemuan satwa yang dilindungi berwarna hitam dengan totol putih itu sempat menggegerkan warga dan menjadi bahan tontonan.

BACA JUGA: Paus Hitam dengan Totol Putih Terdampar di Perairan Wanasalam Lebak

Hiu dengan panjang 7,5 meter, lebar 3 meter dan berat 2,5 ton sempat membuat warga kesulitan untuk melaksanakan proses evakuasi. Padahal, 100 warga dan satu mobil sudah dilibatkan untuk mengevakuasi hiu paus.

Petugas kepolisian dan relawan BPBD Kabupaten Lebak saat melakukan identifikasi hiu paus yang terdampar di Perairan Wanasalam. (Istimewa)

Nurman, relawan BPBD Lebak mengungkapkan proses evakuasi berlangsung dari Senin, 7 Oktober 2019 sekitar pukul 17.00 WIB dan berakhir Selasa, 8 Oktober 2019,pukul 05.00 WIB.

“Evakuasinya akhirnya hiu dikubur 400 meter dari jarak ditemukan. Itu juga setelah 100 warga menarik bangkai hiu dengan melibatkan 1 kendaraan jeep,”ungkap Nurman saat dihubungi BantenHits.com.

Kata Nurman, dalam proses evakuasi sendiri warga turut didampingi unsur pemerintah desa, Kecamatan, Polsek dan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

“Ya, baru beres jam 5 pagi tadi. Ada BKSDA dan lain-lain,” katanya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending