Kantongi Restu dari TNGHS, Bupati Iti Genjot Pembangunan di Daerah Terisolir

Date:

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya beserta jajaran saat foto bersama dengan kepala balai TNGHS. (Istimewa).

Lebak – Pemerintah Kabupaten Lebak melakukan penandatanganan kerjasama (PKS) dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) di Aula Multatuli, Setda Lebak, Rabu, 9 Oktober 2019.

Kerjasama yang dilakukan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya dengan Awen Supranata Kepala Balai TNGHS seakan menjadi lampu hijau untuk pemerintah daerah untuk menggenjot pembangunan di daerah terisolir.

Salah satunya, pembangunan ruas jalan Cikumpay-Cigobang sepanjang 9,3 Kilometer dalam kawasan TNGHS yang diyakini akan meningkatkan roda perekonomian warga.

Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengaku melalui kerjasama ini akhirnya pemerintah daerah dapat melakukan pembangunan secara optimal di daerah terisolir.

“PKS ini dilaksanakan dalam rangka pemanfaatan serta pengelolaan sumber daya yang berada dalam kawasan TNGHS guna melangsungkan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang berada di daerah tersiolir yang berada di dalam kawasan TNGHS,” kata Iti dalam siaran pers yang diterima BantenHits.com.

Sementara Kepala Balai TNGHS Awen Supranata mengklaim kerjasama ini telah mendapat persetujuan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. 

Dalam kerjasama ini menurut Awen akan dilaksanakan beberapa program yang kemudian disusul dalam rencana kerja tahunan baik itu jangka pendek, menengah maupun jangka panjang.

“Perjanjian kerjasama akan memberikan akses kepada Pemerintah Daerah Lebak sehingga dapat menghubungkan daerah-daerah terisolir sehingga roda perekonomian masyarakat dapat meningkat serta antara TNGHS dan Pemkab Lebak bersama-sama dalam menjaga kelestarian TNGHS,” jelasnya.

Untuk diketahui, selain pembangunan ruas jalan kerjasama antara TNGHS dengan Pemkab Lebak ini juga akan melingkupi Penguatan Kelembagaan TNGHS, Perlindungan kawasan, Pengawetan flora dan fauna, Pemulihan Ekosistem, Pengembangan Wisata Alam dan Pemberdayaan Masyarakat dalam dan luar kawasan TNGHS.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related