Connect with us

METROPOLITAN

Percepat Pelayanan Perizinan, DPMPTSP Kabupaten Lebak Bangun MPP Terpadu

Published

on

Foto Ilustrasi perizinan online. DPMPTSP Kabupaten Lebak akan membangun Mall Pelayanan Perizinan (MPP) Terpadu untuk mempermudah pelayanan perizinan. (Foto: Google)

Lebak– Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu atau DPMPTSP Kabupaten Lebak berencana membangun Mall Pelayanan Perizinan (MPP) Terpadu. Tujuannya untuk mempercepat dan mempermudah sekaligus mempercepat pelayanan.

Plt Kepala DPMPTSP Kabupaten Lebak Yosep Mohamad Holis menerangkan gedung MPP terpadu kedepannya akan ditempati sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang berkaitan dengan proses pelayanan perizinan di Kabupaten Lebak.

“DED Gedung Mall Pelayanan Perijinan (MPP) Terpadu sedang dibuat di Dinas PUPR. Mudah-mudahan akhir 2020 sudah beres,” kata Yosef saat dihubungi BantenHits.com, Jumat, 11 Oktober 2019.

Yosef menjelaskan Gedung MPP terpadu merupakan pusat pelayanan seluruh perizinan lintas Organisasi Perangkat Daerah. Artinya nanti semua OPD yang berkaitan dengan perizinan membuka kantor pelayanan yang terintegrasi.

“Sehingga kita bisa melayani perijinan benar-benar satu pintu. Seperti halnya Samsat,” jelasnya.

Sebelum Gedung MPP selesai dibangun, Yosef mengaku DPMPTSP telah melakukan inovasi dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan perizinan. Masyarakat dapat dengan mudah mengakses informasi melalui website website resmi DPMPTSP.

“Untuk informasi publik kita punya website namanya www.dpmptsp.lebakkab.go.id. Nah di website ini kita sampaikan aplikasi-aplikasi onlinenya,” ungkapnya.

Yosep menjelaskan, aplikasi online, untuk bidang penanaman modal DPMPTSP punya aplikasi Simpedal sedangkan untuk pelayanan perizinan secara online, punya OSS dan Simponie.

“Nah dari Simponie ini kita sudah melayani 99 perizinan online. Sisanya sekitar 21 perizinan masih offline,  insyaAllah ke depan kita online-kan semua,  agar semua pengajuan dan proses perizinan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tidak perlu datang ke kantor,” urainya.

Lebih lanjut Yosep mengatakan, pihaknya siap memberikan bimbingan kepada pelaku usaha yang belum mengerti tentang perizinan online.

“Bagi pelaku usaha yang belum ngerti tentang perizinan online kita menyediakan bimbingan,” katanya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending