Connect with us

METROPOLITAN

6.900 Anak Stunting di Lebak Butuh Bantuan karena Pemkab Hanya Mampu Tangani 30 Persennya

Published

on

Ketua TP-PKK Lebak Ani Sumardi saat memberikan sambutan dalam acara Bimtek penurunan angka stunting di Kabupaten Lebak yang mencapai 6.900 penderita. (Istimewa).

Lebak– Pemerintah Kabupaten Lebak disebut hanya mampu menanggulangi 30 persen dari total 6.900 anak penderita stunting yang tersebar di Kabupaten Lebak. Sementara 70 persennya butuh bantuan masyarakat.

Hal tersebut terungkap saat Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Lebak menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) penurunan angka stunting di Gedung PKK Lebak, Rabu, 16 Oktober 2019.

Kegiatan yang diselenggarakan hingga 17 Oktober ini sebagai salah satu cara TP-PKK membantu pemerintah daerah untuk menekan angka stunting di Kabupaten Lebak. 

Ketua TP-PKK Lebak, Ani Sumardi meminta semua pihak memberikan perhatian serius terkait 6.900 penderita stunting di Kabupaten Lebak. Pasalnya, stunting sendiri tak bisa dianggap remeh.

“Sekitar 6.900 anak. Data lengkapnya ada di Dinkes. Kita sebagai PKK harus bisa membantu Pemerintah untuk menurunkan angka stunting karena hanya 30 persen saja yg bisa dilakukan oleh dinas kesehatan selebihnya harus ada bantuan dari semua pihak yaitu kita semua,” kata Ani usai membuka acara.

Menurut Ani, acara Bimtek yang bekerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pendidikan keluarga pada 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Sementara, Wakil Bupati Lebak Ade Sumardi menjelaskan bahwa perempuan berperan penting dalam permasalahan stunting ini, menurutnya ibu-ibu adalah motor penggerak negara yang mengurus sumber daya manusia. 

Ade juga  berharap dengan adanya bimtek ini ada penurunan angka stunting di Kabupaten Lebak.

“Harapan saya adalah kemajuan Kabupaten Lebak, dan juga masalah stunting ini saya titipkan kepada ibu-ibu yang ada disini agar stunting Kabupaten Lebak ini juga trendnya bisa menurun,” imbuhnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 

Trending