Connect with us

METROPOLITAN

Tiga Bulan Berlatih Disiplin Ala Militer, 144 Taruna SMK PU Kabupaten Lebak Dikukuhkan

Published

on

Anggota Kodim 0603 lebak saat mengukuhkan Taruna SMK PU Kabupaten Lebak. (BantenHits.com/ Fariz Abdullah)

Lebak– Sedikitnya 144 Taruna Sekolah Menengah Kejuruan Pekerjaan Umum atau SMK PU Kabupaten Lebak dikukuhkan, Kamis, 17 Oktober 2019. Pengukuhan dilaksanakan lantaran mereka telah mengikuti masa pembelajaran disiplin ala militer selama 3 bulan.

Wakil Ketua Yayasan Korpri Lebak, Rusito menjelaskan pengukuhan taruna ini merupakan bagian dari tradisi korps SMK PU. Dimana pelajar akan dilatih agar memiliki sikap disiplin dan mental yang kuat bak seorang TNI.

“Ya, jadi selama 3 bulan mereka menjalani masa basis dengan instrukturnya dari anggota Kodim 0603/Lebak. Masa ini berupa pengenalan diri dan lingkungan berupa penumbuhan sikap disiplin dan respek melalui berbagai metode pembelajaran. Kita ingin taruna SMK PU ini punya nilai-nilai disiplin militer,” kata Rusito.

Usai menjalani masa basis, jelas Rusito para taruna ini dikukuhkan dan berhak mengenakan pakaian ataupun atribut lengkap taruna SMK PU Lebak. 

Hal itu, lanjut Rusito ditandai dengan pemakaian atribut balok 2 pada seragam taruna yang memiliki makna selain membawa diri sebagai pribadi, juga memiliki tanggungjawab memberikan contoh perilaku bagi siswa 1 tingkat di bawahnya.

“Jadi selain aspek akademisnya yang dikasih asupan ilmu pengetahuan, aspek psikomotorik dan afektifnya juga kita asah setelah setelah lulus paripurna tuh, selain akademisnya hebat mereka juga mempunyai sikap mental disiplinnya yang mempuni,” jelasnya.

Bagi mereka pengukuhan ini merupakan naik tingkat. Jadi kita harapkan para taruna bisa meneruskan tradisi korps, cinta terhadap korps dan menambah wawasan kebangsaan,” sambungnya.

Sementara salah satu Taruna SMK PU Lebak, Yosep Pratama mengaku bangga bisa menjadi bagian dari sekolah yang menerapkan sistem pendidikan dengan menggunakan pola pendidikan disiplin ekstra yang terdapat di seorang TNI.

“Bangga rasanya bisa menjadi bagian dari sekolah ini, karena dengan menjadi taruna seperti ini akan lebih membangun karakter bagi seluruh taruna yang ada dilingkungan seklah ini,” ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah

 

Trending