Connect with us

METROPOLITAN

Gelombang Panas 40°C Dipastikan Hoaks, BMKG Kelas 1 Serang Prediksi Cuaca Panas Akan Terjadi hingga Sepekan karena Sebab Ini

Published

on

Kantor BMKG Kelas 1 Serang. BMKG memprediksi cuaca panas akan terjadi selama sepekan. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Cuaca panas beberapa hari ke belakang di Kota Serang jadi perbincangan warganet, Rabu, 23 Oktober 2019. Bersama dengan itu beredar juga hoaks soal gelombang panas yang mencapai 40 derajat.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Kelas 1 Serang Tarjono menjelaskan, cuaca panas yang terjadi diakibatkan masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan, juga masih berhembusnya angin dari Benua Australia membawa angin kering dan panas.

Tarjono memastikan, informasi yang berkembang di masyarakat terkait adanya isu gelombang panas yang mencapai 40 derajat melanda Indonesia termasuk Provinsi Banten tidak benar alias hoaks.

“Nah di wilayah Banten tidak seperti yang beredar, untuk di wilayah Banten sendiri (suhu) kisarannya 36 sampai 37 (derajat). 37 derajat itupun belum tembus,” ujar Tarjono saat dihubungi awak media melalui sambung telepon selulernya, Rabu 23 Oktober 2019.

Ia menjelaskan, ketika suhu sudah melewati 35 derajat, pihaknya sudah menganggap ekstrim. Namun tidak terjadi sepanjang Rabu, 23 Oktober 2019 dari pagi sampai sore.

“Artinya ada jam-jam tertentu saja, puncaknya di sekitar jam 13.00, kemarin pun di sekitar jam 12.00 dan jam 13.00 setelah itu mulai turun lagi kembali normal,” tuturnya.

Sesuai yang diprediksi dari BMKG Kelas 1 Serang suhu panas akan terjadi selama seminggu ke depan.

“Suhunya bisa mencapai paling tinggi 37 derajat itupun belum tembus,” tukasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syhadana

Trending