Wakil Wali Kota Tangerang Presentasi 5 Pilar di Indonesia Road Safety Award 2019  

Date:

Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin saat memaparkan 5 Pilar di Indonesia Road Safety Award 2019. (Istimewa).

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang berkesempatan memaparkan lima pilar dalam kegiatan penjurian Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019. Pemaparan dilakukan langsung Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin di Gedung Kementerian PPN/Bappenas, Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Kamis, 24 Oktober 2019.

Ke lima pilar yang dipaparkan Sachrudin bersama Kepala Dinas Perhubungan Wahyudi Iskandar, Kepala Dinas Kesehatan Liza Puspadewi, dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpolpp) Agus Hendra yakni manajemen Keselamatan Jalan, Jalan Yang Berkeselamatan, Kendaraan Yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan Yang Berkeselamatan, dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan.

Melalui pemaparan ini Pemkot berharap dapat meraih penghargaan bergengsi itu. Terlebih di pilar ke empat Kota Tangerang terus mendorong program yang berpengaruh pada penurunan angka pelanggaran lalu lintas.

“Kami bekerjasama dengan Polres Metro Tangerang Kota memberikan penyuluhan tentang safety riding baik itu di sekolah-sekolah maupun kampus dan turut mengajak masyarakat dari semua kalangan untuk beralih ke moda transportasi umum,”ujar Sachrudin didepan lima orang dewan juri.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang Wahyudi Iskandar memaparkan jawaban perihal pilar ketiga yaitu Kendaraan Yang Berkeselamatan.

“Di Kota Tangerang, kami telah menggunakan sistem berbasis teknologi informatika untuk uji kendaraan bermotor, sehingga seluruh kendaraan teruji dengan baik dan terekam dalam sistem,” papar Wahyudi.

Selain itu, Liza Puspadewi selaku Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang menerangkan bahwa penanganan kedaruratan pra dan pasca kecelakaan di Kota Tangerang telah terintegrasi dengan baik lewat Aplikasi SIGAP.

“Kami juga tergabung dalam tim BPBD yang dimana sudah terintegrasi lewat Aplikasi SIGAP. Aplikasi SIGAP bertujuan untuk memonitor pergerakan para petugas lapangan di lingkup Pemkot Tangerang. Nantinya, SIGAP mampu melacak posisi petugas lapangan secara real time apakah sudah tiba dilokasi kecelakaan atau belum,” terangnya.

Seperti diketahui, IRSA merupakan penghargaan tahunan untuk kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan yang telah memasuki tahun ketujuh.

Adapun lima orang dewan juri yang memberikan penilaian diantaranya Agus Pambagio Pengamat Kebijakan Publik, Leksmono Suryo Putranto Guru Besar Transportasi, Avi Mukti Amin Kasubdit Manajemen Keselamatan Kementerian Perhubungan, Rika Zikriyyah Direktorat Transportasi Bappenas, dan Lilik Wachid Budi Susilo Peneliti Transportasi. (ADVERTORIAL)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related