Gandeng UPI dan University of Florida, Pemkot Tangerang Siapkan Solusi ‘Penangkal’ Panas Cuaca

Date:

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah (Tengah) saat menerapkan teknologi Coolroofs. (Istimewa).

Tangerang- Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya untuk memberikan pelayanan prima bagi masyarakat dalam keadaan apapun. Meskipun kota akhlakul karimah ini tengah dihadapkan pada cuaca ekstrem yang melanda Provinsi Banten.

Panas cuaca yang mencapai 38°C tak boleh menjadi satu alasan untuk para pelayan publik bermalas-malasan terutama dalam melayani masyarakat.

Tak ingin itu terjadi Pemerintah Kota Tangerang dibawah komando Arief R Wismansyah mencoba mencari solusi agar suhu cuaca bisa diminimalisir.

Bekerja sama dengan Universitas Pendidikan Indonesia dan University of Florida, Pemkot Tangerang mengembangkan teknologi yang dapat mengurangi suhu di dalam dan di luar ruangan. Teknologi itu adalah Coolroofs Project. 

“Salah satu penelitiannya adalah di luar itu kemarin itu suhunya 32 derajat, tapi di dalam ruangan suhunya 34 derajat. Bahkan di Mayora, yang sedang diteliti itu di dalam kantin suhunya 40 derajat. Makanya setelah diimplementasi pengecatan Coolroofs ini dampak penurunannya seperti apa,”kata Arief.

Peran pemerintah dalam kerjasama ini, sambung Arief, hanya sebagai fasilitator yang menyediakan tempat untuk penelitian dan sumber daya manusia (SDM). Diharapkan dari implementasi Coolroofs, cat tembok yang dapat menurunkan suhu panas itu dapat meningkatkan kinerja pegawai dan pelajar.

“Kalau 40 derajat kan sumpek banget tuh, panas banget, enggak nyaman. Mudah-mudahan bisa meningkatkan produktivitas dan kinerja juga,” ucap Arief.

Pada kesempatan yang sama Wakil Rektor 4 UPI Didi Sukyadi menjelaskan cara kerja dari Coolroofs ini yakni memantulkan cahaya matahari ke udara, sehingga dapat meminimalisasi panas terik matahari untuk masuk ke dalam ruangan.

“Coolroofs adalah cat yang bisa merefleksikan cahaya matahari ke udara sehingga akan lebih adem di ruangan. Karena di Tangerang salah satu kota yang suhunya tinggi, banyak pabrik dan lain-lain sehingga suhunya bisa mencapai 40 derajat Celsius,” terang Didi.

Bila Coolroofs berhasil diimplementasikan, maka masyarakat Tangerang tidak perlu dibebankan lagi untuk membeli pendingin ruangan atau AC. (Advertorial)

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related