Perusahaan Kapal di Banten Dapat Pelatihan Peningkatan Keselamatan Pelayaran Kemenhub

Date:

Para perusahaan Kapal di Banten saat mengikuti Bimtek peningkatan keselamatan Kemenhub melalui KSOP Banten. (BantenHits.com/Iyus Lesmana).

Cilegon- Sejumlah perusahaan pelayaran di Banten mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan keselamatan pelayaran di The Royale Krakatau Cilegon, Kamis, 24 Oktober 2019. Acara diselenggarakan Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI melalui Kantor Kesyahbandara dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banten.

Kepala KSOP Banten, Herwanto mengatakan bimbingan teknis tentang peningkatan keselamatan pelayaran tersebut merupakan bagian dari instruksi Kemenhub. Tujuannya agar untuk meningkatkan keselataman bagi para penumpang kapal yang menggunakan jasa pelayaran di perlintasan Merak-Bakahueni.

“Jadi bimbingan teknis ini dalam rangka meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan pelayaran. Karena selamatan pelayaran itu sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi,”kata Herwanto saat dikonfirmasi awak media disela-sela kegiatan, Kamis, 24 Oktober 2019.

Herwanto menegaskan bahwa seluruh stakeholder yang berkaitan dengan jasa pelayaran wajib bertanggung jawab menjaga keselamatan berlayar sehingga tidak ada yang saling menyalahkan.

“Jadi keselamatan pelayaran itu merupakan tanggung jawab bersama, sehingga nantinya mereka tidak saling menyalahkan, tetapi mereka juga punya tanggung jawab untuk menegakan keselamatan pelayaran itu,”imbuhnya.

Ia mengaku akan meningkatkan rutinitas melakukan ramp check kapal yang ada di Penyeberangan Merak -Bakauheni itu dilakukan dengan tujuan agar kapal-kapal yang beroperasi di penyebrangan Merak-Bakahueni laik laut.

“Kelaikan lautan dan pengawakan kapal itu diperhatikan oleh perusahaan pelayaran. Makanya tadi juga kita undang para perwira kapalnya. Selain itu kita rutin melakukan ramp check terutama menghapi angkutan lebaran dan tahun baru,”tandasnya. 

Editor: Fariz Abdullah

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Jumat Curhat Polda Metro Jaya di Legok; Cara Humanis Polsek Legok Ciptakan Kamtibmas dan Dekatkan Diri ke Warga

Berita Tangerang - Kejahatan jalanan dan kenakalan remaja menjadi...

Respons Aduan Warga, KASN Lakukan Analisa dan Akan Minta Klarifikasi Sekda Kabupaten Tangerang

Berita Tangerang - Komisi Aparatur Sipil Negara atau KASN...

Sekda Kabupaten Tangerang Dilaporkan Warga Sukamulya ke KASN terkait Dugaan Pelanggaran Etik ASN

Berita Tangerang - Sekretaris Daerah atau Sekda Kabupaten Tangerang,...