Puluhan Pesilat di Pandeglang Adu ‘Sakti’ di Piala Dandim 2019

Date:

Para juara silat Piala Dandim 2019 saat foto bersama dengan Dandim 0601 Pandeglang. (Istimewa).

Pandeglang – Puluhan perguruan pencak silat di Kabupaten Pandeglang sejak pagi tadi secara bergilir menampilkan kepiawaiannya murid-muridnya dalam berpencak di halaman Kodim 0601 Kabupaten Pandeglang, Rabu, 30 Oktober 2019.

Kegiatan pencak silat ini, merupakan inisiasi dari Kodim 0601 Pandeglang, untuk meningkatkan minat para kaum milenial terhadap salah satu kebudayaan milik bangsa Indonesia.

Ketua IPSI Kabupaten Pandeglang, Raden Surya Galung mengatakan selama pembukaan pendaftaran sekitar 100 perguruan pencak silat di Pandeglang mendaftar. Karena alasan waktu, sehingga pihak panitia hanya menerima 50 pendaftar saja.

“Sebenarnya yang daftar ada 100 (Perguruan) karena kita batasi ahirnya kita terima 50,” kata Surya.

Surya menganggap wajar bila para perguruan itu sangat antusias, karena di Kabupaten Pandeglang selama bertahun-tahun baru ada dua kali mengadakan festival pencak silat.

“Di Pandeglang ini minim festival silat, jadi kita bertahun tahun baru dua kali mengadakan festival. Ini yang terbesar,” ungkapnya.

Sementara Dandim 0601 Pandeglang Letkol Inf. Denny Juwon Pranata menambahkan festival pencak silat ini sangat penting digelar setiap tahunnya, untuk menjaga animo masyarakat dalam melestarikan budaya.

“Perlunya kita menginisiasi melesatrikan mengembangakan budya asli banten, yaitu pencak silat. Pencak silat merupakan budaya asli dari bangsa kita yang harus kita jaga, kembangkan, dan menjaga animo dari generasi muda kita untuk mau belajar,” ujarnya.

Editor: Fariz Abdullah

Author

  • Engkos Kosasih

    Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Dua Parpol Pemilik Suara Besar di Banten Gelar Pertemuan Tertutup, Isyarat Koalisi Mencuat

Berita Banten - Partai Golkar dan Partai Gerindra yang...

Arahan Presiden Jokowi dalam Rakernas Kesehatan Nasional di Kabupaten Tangerang

Berita Banten - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri sekaligus...