Connect with us

Advertorial

Rencana Kerja Pembangunan Desa Sukamanah Pandeglang 2020 Fokus Pengembangan SDM 

Published

on

Perangkat Desa Sukamanah, Kecamatan Kaduhejo, Pandeglang, Banten menggelar musyawarah penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes), Rabu, 30 Oktober 2019.(BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Dalam rangka mempersiapkan program pembangunan yang akan dilaksanakan pada 2020 mendatang, Desa Sukamanah, Kecamatan Kaduhejo, Pandeglang, Banten menggelar musyawarah penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes), Rabu, 30 Oktober 2019.

Penyusuan RKPDes itu, berlangsung selama kurang lebih tiga jam bertempat di kantor Desa Sukamanah dengan dihadiri oleh Masyarakat, RT/RW Babinkamtibmas dan Babinsa. Masyarakat itu, tampak antusias mendengarkan pemanparan Kepala Desa tentang rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2020.

Kepala Desa Sukamanah, TB Yayan Ahyani mengatakan setelah RT/RW melakukan musyawarah dusun atau Musdus kemarin, pihak desa mulai melakukan rekap berbagai usulan dari masyarakat, dari hasil rekap teraebut, kebanyakan masyarakat menginginkan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Yang paling banyak usulan ditahun 2020 ini masyarakat menginginkan peningkatan SDM, kemungkinan di tahun 2020 akan banyak di pembinaan, karena masyarakat ini membutuhkan peningkatan SDM,” kata Yayan di kantornya, Rabu, 30 Oktober 2019.

Warga menghadiri musyawarah penyusunan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKPDes), Desa Sukamanah, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Rabu, 30 Oktober 2019.(BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Dalam peningkatan SDM itu, pihak desa akan mengundang narasumber dari luar. Hal itu dirasa sangat penting, karena jika hanya sebatas sosialisasi dirasa kurang pas tanpa menghadirkan narasumber. Ia pun akan melibatkan masyarakat kalangan atas dan kalangan pemerintah.

“Jadi keinginan saya semacam pelatihan, kita menghadirkan narasumber juga ke depannya. Kemungkinan dari narasumber saya menginginkan dua-duanya dari pemerintah dan dari orang yang kreatif dari masyarakat juga. Karena dari masyarakat juga ada Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) mengapa tidak mereka menjadi narasumber,” jelasnya.

Selain meningkatkan SDM, Yayan pun akan meningkatkan produk unggulan Desa Sukamanah dari UMKM dan BUMDes. Seperti, telor asin, telor ayam negri dan kerajinan seni ukir siluet karikatur wajah, yang menurutnya masih membutuhkan suntikan dana.

“Jadi tahun depan juga akan meningkatkan pada UMKM tadi. Di sini yang dikelola desa, yaitu kulinernya ada dari kerajinan tangannya juga ada. Sekitar ada lima dari kuliner juga banyak kelompok-kelompok, terus kripik juga ada pengerajinnya, dan itu dikelola desa ada lima,” ungkapnya.

Produk-produk buatan tangan warga Desa Sukamanah, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang. Desa Sukamanah akan fokus mengembangkan peningkatan sumber saya manusia untuk meningkatkan kemampuan wirausaha warga dari sektor industri kreatif dan industri rumahan. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Kembangkan Perpustakaan Desa

Minimnya budaya membaca menjadi salah satu perhatian Kepala Desa Sukamanah dalam mengembangkan perpustakaan desa (Perpusdes) di desa tersebut. 

Meski Perpusdes itu selalu digunakan oleh masyarakat setiap minggunya, namun Yayan akan terus meningkatkan fasilitas disana, terutama bagi anak-anak agar bisa mengurangi penggunaan handphone oleh anak-anak.

“Perpustakaan ini sudah ada kegiatan mingguan. Hari Jumat perpus itu ada kegiatan memasak untuk ibu-ibu dan anak-anak dihadirkan juga untuk membaca. Terus hari Sabtu itu kita adakan senam untuk lansia dan di hari Minggu itu perpustakaan khusus anak. Jadi giat membaca secara terbuka dan nonton bareng film pendidikan,” tandasnya.(ADVERTORIAL)

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Trending