Connect with us

METROPOLITAN

Sudah Lahirkan Ribuan Madrasah, Mathla’ul Anwar Usulkan Mas Abdurahman Jadi Pahlawan Nasional

Published

on

Logo Mathla’ul Anwar: Google.

Pandeglang – Pengurus Besar Mathla’ul Anwar (PBMA) mengusulkan Mas Abdurrahman bin Jamal sebagai pahlawan nasional. Mas Abdurahman merupakan tokoh pendiri Mathla’ul Anwar pada 1961 di Kecamatan Menes, Pandeglang.

Wakil Ketua Umum PBMA, KH. Zaenal Abidin Sujai mengatakan usulan Pahlawan Nasional bagi Mas Abdurahman karena kiprahnya yang sudah melahirkan ribuan madrasah di seluruh Indonesia.

“Kenapa kami usulkan untuk dianugerahi pahlawan nasional? Karena melihat MA yang lahir dari tahun 1916, sudah sedemikain rupa memberi andil dan saham dalam bidang pendidikan bagi bangsa ini,” katanya, Selasa, 5 November 2019.

Menurut Zaenal, sampai saat ini sudah muncul beribu madrasah, baik yang ada di Banten maupun provinsi lainnya. Bahkan dari segi organisasi, MA sudah hadir, kurang lebih di 32 provinsi.

BACA :  Penerima PKH Bertambah, Dinsos Lebak: Tahun Depan Kita Minta Tambah Lagi

“Jadi atas dasar itu, kami menilai ada sebuah kepatutan bagi Mas Abdurrahman untuk dijadikan pahlawan nasional,” jelasnya.

Lagi pula, lanjut Zaenal pemberian gelar pahlawan nasional kini tidak cuma sebatas pada seseorang yang berjuang secara fisik di medan pertempuran. 

“Lebih dari itu bahwa di antara yang disebut pahlawan nasional ada semacan spesifikasi daripada seseorang dalam rangka pengabdiannya bagi negara,” tandasnya.

Asisten Daerah I Setda Pandeglang, Ramadani mengaku akan memfasilitasi usulan tersebut. Pihaknya memastikan akan bantu menyiapkan syarat-syarat yang dibutuhkan. Sebab usulan Mas Abdurrahman sebagai pahlawan nasional, menjadi suatu kebanggaan tersendiri bagi Pandeglang. 

“Nanti kami sesuaikan dengan ketentuan Undang-Undang yang berlaku. Yang penting syarat minimalnya akan kami support juga. Apalagi ini menjadi suatu kebanggaan, ada warga Pandeglang yang bisa ditetapkan jadi pahlawan nasional,” katanya.

BACA :  Truk Patah As di KMP Elysia, Pelayaran Merak-Bakauheni Terhambat

Editor: Darussalam Jagad Syhadana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler