Connect with us

Advertorial

Desa Banyumundu Pandeglang Sukses Tingkatkan Infrastruktur, Ekonomi dan Kesehatan

Published

on

Kepala Desa Banyumundu, Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang, Mulyadi mengungkapkan keberhasilan desa yang dipimpinnya. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Desa Banyumundu merupakan salah satu Desa yang ada di Kecamatan Kaduhejo, Kabupaten Pandeglang.

Selama tiga periode Mulyadi menjabat sebagai kepala desa (Kades) di desa tersebut sudah banyak peningkatan baik dari segi Infrastruktur, ekonomi serta kesehatan.

Bahkan desa ini juga, sempat menjadi salah satu desa percontohan pada bulan lalu oleh Kabupaten Banyumas dalam bidang kesehatan, terutama dalam penanganan stunting.

Kepala Desa Banyumundu Mulyadi mengatakan, meski program prioritas yang di utamakan bidang kesehatan, akan tetapi, pihaknya tidak melepaskan kebutuhan masyarakat yang lain.

“Desa Banyumundu itu di jadikan percontohan oleh Kabupaten Banyumas di bidang kesehatan, seperti mengentaskan sunting. Karena dari tahun 2018 kita sudah ada penurunan dalam upaya penanganan sunting,” kata Mulyadi, Kamis 7 November 2019.

Meski Desa Banyumundu berada di bawah kaki Gunung Pulosari, namun masyarakat yang tinggal di wilayah tersebut sudah tidak ada yang buang air besar sembarangan. Dia meyakini seluruh warga sudah memiliki MCK masing-masing di setiap rumah. 

“Sudah tidak ada lagi yang buang air besar sembarangan, karena semuanya sudah memiliki WC masing-masing,” ujarnya.

Di samping itu, perekonomian masyarakat Banyumundu juga sudah mulai terlihat adanya peningkatan. Kendati menurutnya, salah satu faktor penunjang perekonomian bagi masyarakat Banyumundu dihasilkan dari sektor pertanian. 

“Banyak yang bisa ditanam di sini seperti kelapa, pisang bahkan bawang merah juga sudah ada hasil. Biasanya pemasaran itu kita lakukan ke Jakarta dan juga di pasar-pasar yang ada di Pandeglang,” tandasnya.(ADVERTORIAL)

Trending