Connect with us

METROPOLITAN

Buka Festival Masyarakat Pesisir, Syafrudin Sebut Wilayah Kasemen Miliki Banyak Potensi untuk Sejahterakan Warga

Published

on

Wali Kota Serang Syafrudin saat menghadiri Festival Masyarakat Pesisir Karangantu. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Wilayah Kecamatan Kasemen, Kota Serang, memiliki banyak potensi yang bisa menyejahterakan warga sekitar. Sayang, potensi belum tergali maksimal karena masih banyak permasalahan yang harus diselesaikan.

Hal tersebut diungkapkan Wali Kota Serang Syafruddin saat menghadiri Festival Masyarakat Pesisir Karangantu, Pancer, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, Sabtu, 9 November 2019.

“Hanya dengan pantainya saja (Kasemen) sudah bisa menghidupi masyarakatnya. Namun hal ini berbanding terbalik dengan banyaknya sumberdaya di kecamatan Kasemen yang didominasi beberapa permasalahan,” jelas Syafrudin.

Menurut Syafrudin Festival Masyarakat Pesisir Karangantu sudah dua kali dilaksanakan sejak tahun 2018 sebagai acara tahunan masyarakat Pesisir Karangantu.

“Mempunyai maksud tertentu, satu-satunya kecamatan di Kota Serang yang ada pantainya, ada pertanian, ada perikanan dan wisatanya. Ditunjang dengan wisata religinya Banten lama, ini daerah yang komplit,” jelas Syafrudin.

Berbagai potensi di Kasemen yang tak terkelola secara maksimal, membuat wilayah ini terus dirundung berbagai masalah sosial di antaranya masih banyaknya masalah gizi buruk, dominasinya masyarakat kurang mampu, dan tingginya angka pengangguran.

“Semua yang mendominasi ada disini. Diketahui juga sebenarnya dari potensi Kecamatan Kasemen ini besar sekali, dari sisi petanian ini bisa ngirim (gabah-red) ke Karawang, setelah jadi beras dikirim lagi dari Karawang ke Kota Serang,” paparnya.

Suasana pembukaan Festival Masyarakat Pesisir Karangantu yang dihadiri Wali Kota Serang Syafrudin dan jajaran. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Syafrudin berharap, peningkatan pariwisata dan nilai budaya yang ada di Kota Serang bukan hanya seremonial saja tapi bisa mengembangkan wilayah Karangantu.

“Dulu Karangantu ini dulunya pelabuhan internasional semua dari luar negeri masuknya di Karangantu dulu dan ini merupakan sejarah yang harus digali dan kita kembangkan,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kota Serang Ahmad Zubaedillah menambahkan, Festival Masyarakat Pesisir Karangantu digelar dalam rangka mempromosikan wisata  di Kota Serang.

“Mempertahankan dan mengembangkan kuliner tempo dulu serta mengali nilai sejarah leluhur di wilayah Kasemen umumnya Kota Serang,” ujar Ahmad Zubaedillah saat sambutan.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending