Connect with us

METROPOLITAN

Kreasi Pendukung Fanatik Persib Turut Terbakar saat Api Melahap Habis Pasar Baros Serang

Published

on

Kobaran api melahap habis Pasar Baros, Kabupaten Serang, Minggu, 10 November 2019. Tulisan “Persib” pada dinding sisi timur Pasar Baros masih tampak terlihat sebelum akhirnya turut ludes terbakar. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Serang – Kebakaran hebat melanda Pasar Baros, Kabupaten Serang, Minggu sore, 10 November 2019 sekitar pukul 17.30 WIB. Api yang melahap habis pasar tradisional yang berada di Jalan Raya Serang-Pandeglang ini baru bisa benar-benar padam sekitar empat jam kemudian atau sekitar pukul 21.00 WIB.

80 kios dilaporkan hangus terbakar, sementara Jalan Raya Serang-Pandeglang sempat dilakukan penutupan saat proses pemadaman berlangsung.

Wartawan BantenHits.com Mahyadi berhasil merekam detik-detik saat api berkobar di Pasar Baros. Kamera yang merekam dari sisi timur berhasil mengabadikan tulisan besar “Persib” pada dinding seng Pasar Baros. Dinding dan tulisan Persib kreasi penggemar salah satu klub sepakbola terbesar di tanah air ini akhirnya turut terbakar.

14 Unit Mobil Pemadam Diturunkan

Saat pertama menerima laporan pukul 17.30 WIB, Damkar Kabupaten Serang memberangkatkan 1 unit water foam berkapasitas 5.500 liter dan 1 unit water pump kapasitas 5.000 liter guna melakukan penanganan ke lokasi kejadian.

Pada pukul 17.50 WIB, Damkar Sektor Petir memberangkatkan 1 unit water pump kapasitas 5.000 Liter ke lokasi kejadian, di Pasar Baros.

Selang satu jam berlalu, api pun belum dapat dipadamkan. Bahkan pada pukul 19.20 WIB, Damkar Kabupaten Serang dan BPBD Kabupaten Serang masih berupaya melakukan pemadaman.

Koordinator Operasi Pusat Kedaruratan Operasional (Pusdalop) BPBD Kabupaten Serang, Jhony membenarkan hampir satu jam lebih kobaran api belum bisa dipadamkan.

“Masih dalam upaya kita untuk memdamkan kobaran api di Pasar Baros,” ucapnya saat dihubungi sekitar pukul 19.30 WIB.

Guna mempercepat pemadaman damkar kembali mengirimkan mobil water suply dan mbulans untuk melakukan evakuasi. BPBD Kabupaten Serang juga memberangkatkan TIM TRC guna melakukan perbantuan penanganan dan assesment.

Besarnya kobaran api membuat Damkar Kota Serang pun ikut membantu pemadaman dengan memberangkatkan dua unit mobil pemadam kebakaran.

Bantuan penanganan kebakaran juga dilakukan BPBD Provinsi Banten dengan memberangkatkan satu unit water suplay. Total ada 14 unit mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan. Tampak juga 2 unit water cannon milik Brimob Polda Banten membantu proses pemadaman.

Pasar Baros Serang ludes terbakar Minggu sore, 10 November 2019 sekitar pukul 17.30 WIB. Kebakaran diduga akibat puntung rokok. (BantenHits.com/ Mahyadi)

Kebakaran Diduga Akibat Puntung Rokok

Sekretaris Baros BPBD Serang Tb Maftuhi menduga, kebakaran hebat di Pasar Baros dipicu puntung rokok yang dibuang sembarangan.

“Patut diduga karena puntung rokok, di pasar juga sampah luar biasa dan kondisi yang kering,” kata Maftuhi di Baros, Serang Minggu, 10 November 2019 seperti dilansir detik.com.

Api pertama kali berkobar di salah satu kios bagian dalam. Api kemudian merembet ke bagian lain pasar.

Tim pemadam kebakaran kesulitan memadamkan sumber api karena kondisi angin kencang dan banyaknya material mudah terbakar di lokasi.

Kepolisian terpaksa menutup akses jalan Serang menuju Pandeglang, sehingga terjadi kemacetan sekitar 5 kilometer di kedua arah akibat kebakaran di Pasar Baros yang terletak di akses antar dua kabupaten.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending