Connect with us

METROPOLITAN

Pembebasan Lahan Tol Serang-Panimbang Tahap 1 Capai 85 Persen, Tim Pengadaan: Masih Ada Kendala

Published

on

Ilustrasi proyek strategis nasional di Banten. Foto: Plt Kepala DPMPTSP Lebak, Yosef Mohammad Holis (Coklat) saat meninjau pembangunan proyek tol Serang-Panimbang. (Istimewa).

Lebak- Tim pengadaan tanah Tol Serang-Panimbang mencatat sedikitnya sudah membebaskan 85 persen dari 358 hektar lahan untuk proyek strategis nasional pada tahap pertama.  

“Pembebasan lahan tol tahap 1 sudah mencapai 85 persen. Dari total sebanyak 2.775 bidang,”kata Sekretaris Pengadaan Tanah Jalan Tol Serang-Panimbang M Didi Ali Subandi kepada awak media, Senin, 11 November 2019.

Didi menungkapkan dari 85 persen lahan yang dibebakan memiliki rincian 2.775 bidang tersebar di Kecamatan Cibadak, Cikulur, Cileles, dan Kecamatan Banjarsari.

“Di empat kecamatan itu tim secara maraton melaksanakan pembebasan. Sekarang ini tinggal tersisa 15 persen lagi,”katanya.

Ketika ditanya, apakah menemukan kendala dalam membebaskan lahan yang 15 persen, Didi mengakui, ada kendala. Kendalanya berupa kurangnya bukti kepemilikan tanah dan tumpang tindih kepemilikan.

“Kurangnya bukti kepemilikan hak atas tanah membuat tim ekstra hati-hati melakukan pembayaran. Khawatir salah bayar,”katanya.

Kendala lain ditemukan oleh tim yaitu kaitan klaim kepemilikan tanah. Dimana terjadi overlap garapan masyarakat dan tanah aset PTPN.

“Jadi dilapangan tim menghadapi kendala adanya overlap garapan masyarakat dan tanah aset PTPN. Meskipun tahap 1 belum selesai, diwaktu bersamaan tim kebut penyelesaian pengadaan lahan jalan tol tahap ke-2 yang saat ini tengah dalam penyusunan,”pungkasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending