Connect with us

METROPOLITAN

Disebut Jaksa Dapat Setoran Dana Hibah KONI yang Diduga Dikorupsi, Pejabat Kota Tangerang Ini Tantang Saksi Membuktikan

Published

on

Surat tuntutan JPU Kota Tangerang untuk terdakwa Dasep dalam perkara dugaan korupsi dana hibah KONI Kota Tangerang. (Dok.BantenHits.com)

Tangerang – Kasus dugaan korupsi dengan terdakwa mantan Ketua KONI Kota Tangerang Dasep dan mantan bendahara KONI Kota Tangerang Siti Nursiah sudah memasuki masa akhir persidangan.

Pada sidang Kamis, 21 November 2019, terdakwa Dasep sudah menyampaikan pledoi sebagai jawaban atas tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) yang dibacakan dua minggu sebelumnya, Kamis, 7 November 2019.

Dalam surat tuntutan yang dibacakan JPU Reza Vahlefi dari Kejaksaan Negeri Kota Tangerang, terungkap sejumlah fakta yang mencengangkan. Salah satunya, setoran kepada Ketua Tim Verifikasi Dana Hibah dari Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Disporparekraf) Kota Tangerang yang saat itu dijabat Rizal Ridholloh.

BACA :  Operasi Kependudukan Digelar di Ciputat

Fakta tersebut dibacakan JPU berdasarkan kesaksian mantan bendahara KONI Kota Tangerang Siti Nursiah untuk terdakwa Dasep. Siti Nursiah sendiri menjadi terdakwa dalam kasus yang sama dalam perkara terpisah.

“Bahwa tahun 2015 KONI Kota Tangerang memberikan setoran Ketua Tim Verifikasi (Sdr. Rizal) agar disampaikan kepada Kepala Dinas Porparekraf Kota Tangerang (Sdri.Hj. R. Rina Hernaningsih, SH, MH) sebesar Rp 25.000.000,” kata JPU Reza dalam surat tuntutannya.

Sumber BantenHits.com dalam perkara tersebut mengungkapkan, setoran Rp 25 juta kepada Rizal Ridholloh diberikan sore hari saat bulan Ramadan, sekitar pukul 17.00 WIB.

Uang tersebut diserahkan langsung Siti Nursiah kepada Rizal di depan RSU Tangerang. Saat menyerahkan uang, Siti Nursiah ditemani suaminya menggunakan sepeda motor.

BACA :  Irna: Guru Cetak Pemimpin Agamis dan Inovatif

“Yang kasih bendahara di depan RSU, sekitar jam 17.00 WIB. Rizal pakai mobil. Bendahara dibonceng motor sama suaminya,” kata sumber BantenHits.com, Senin, 25 November 2019.

Tantang Pembuktian

Rizal Ridholloh yang disebut JPU dalam surat tuntutan saat ini menjabat sebagai Camat Cipondoh. Saat 2015, jabatan Rizal masih kepala bidang di Dinas Porparekraf Kota Tangerang.

Saat dihubungi BantenHits.com lewat telepon selulernya, Senin, 25 November 2019, Rizal membantah seluruh keterangan saksi yang tertuang dalam surat tuntutan JPU yang dibacakan di persidangan.

“Kemarin saya sudah konfirmasi ke temen-temen juga. Yang pasti saya tidak merasa menerima. Saya di-BAP saja tidak, kok muncul nama saya?” jelas Rizal.

BACA :  Kondisi Jembatan Gantung di Pandeglang Memprihatinkan, Begini Komentar Pedas Netizen

“Yang pasti saya tidak menerima. Yang kedua, kaitan dengan (disebut) nerima sampai 25 sampai 6 juta, subhanallah. Coba buktikan saja kapan ngasih ke saya di mana ngasih ke saya. Itu saja,” tegas Rizal.

Meski demikian, Rizal tak menampik jika dirinya saat itu memang menjabat sebagai Ketua Tim Verifikasi Dana Hibah yang dibentuk Kepala Disporparekraf saat itu Rina Hernaningsih.

Rizal juga memastikan, sejak awal pengurusan dana Hibah KONI Kota Tangerang, dirinya tidak pernah berhubungan dengan Siti Nursiah selaku bendahara KONI Kota Tangerang.

“Gak pernah. Malahan saya ini. Waktu itu saya Kabid Pemuda. Saya ngurusin urusan pemuda waktu itu,” ungkapnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-1015 bekerja sebagai produser di Info TV. Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Terpopuler