Connect with us

METROPOLITAN

Dikenal Militan dan Tak Pernah Absen sejak Aksi 411, Berapa Jumlah Massa dari Banten yang Hadir di Reuni Akbar 212?

Published

on

Foto massa aksi Reuni Akbar 212 yang disiarkan kanal Front TV, Senin, 2 Desember 2019.(Istimewa)

Serang – Massa umat Islam dari Banten dikenal tak pernah absen mengikuti aksi bela Islam yang digagas Gerakan Nasional Pembela Fatwa atau GNPF Ulama dan Front Pembela Islam (FPI), mulai dari aksi 4 November 2016 yang dikenal Aksi 411.

Pada aksi 411 yang menjadi pemantik aksi-aksi bela Islam selanjutnya, seorang ustaz dari Banten, persisnya dari Perumahan Binong Permai, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang, meninggal dunia saat mengikuti aksi. Dia adalah Ustaz Syahrie. Meninggalnya aktivis 411 ini selalu dijadikan simbol perjuangan bagi massa aksi, terutama di kalangan keluarga dan kerabat.

BACA JUGA: Ayahnya Meninggal saat Aksi Bela Islam, Gilang: Reuni Akbar 212 Bukan Sekadar Nostalgia Tapi Konsolidasi Umat Islam

Lalu, berapa jumlah massa dari Banten yang mengikuti Reuni Akbar 212, Senin, 2 Desember 2019 ini?

Bendera merah putih raksasa berkibar dalam Reuni Akbar 212, Senin, 2 Desember 2019.(Istimewa)

Tak ada angka pasti terkait jumlah massa dari Banten yang bergerak ke Jakarta. Namun, Penasihat FPI Banten, Kiai Enting Abdul Karim kepada BantenHits.com melalui pesan WhatsApp menargetkan 50 ribu orang dari Banten hadir memutihkan Monas.

“Kita berharap sebanyak-banyaknya untuk bisa memberangkatkan jama’ah 212 Banten ke Monas. Semoga sampai 50 ribuan massa seluruh Banten,” ujar Enting, Sabtu 30 November 2019.

Sementara Koordinator Forum Persaudaraan Umat Islam Banten (FPUIB) Al Faqier Abu Wildan mengatakan, massa dari Banten sudah terlatih untuk bergerak sendiri. Karena keberangkatan tidak dikoordinir sulit untuk dipetakan.

“Mengenai keberangkatan ummat dari Banten, Insya Allah mereka sudah terbiasa dan gak perlu dikoordinir lagi. Mereka berangkat dengan caranya sendiri dan sulit untuk kita petakan,” kata Al Faqier, Sabtu, 30 November 2019.

Senin dini hari pukul 02.15, Al Faqier Abu Wildan memastikan dirinya sudah berada di tengah lautan massa di Monas. Hal tersebut diketahui dari foto-foto yang dibagikan Al Faqier kepada BantenHits.com.

“Menjelang Pelaksanaan Sholat qiyamullail yang dipimpin/diimami oleh Syaikh Ammar Ar Rufati dari Palestina… Insya Allah,” tulis Al Faqier dalam keterangan fotonya.

Pengamanan massa aksi reuni Akbar 212 oleh Polres Serang Kota. (Maryadi/BantenHits.com)

Kapolres Serang Kota Pimpin Pengamanan

Puluhan anggota Polres Serang Kota disiapkan di sejumlah titik keberangkatan massa aksi ke Jakarta.

Apel pengamanan jalur keberangkatan massa aksi dipimpin langsung Kapolres Serang Kota yang dihadiri oleh Wakapolres Serang Kota, Kabag Ops, dan Para Kapolsek jajaran Polres Serang Kota 

Kapolres Serang Kota AKBP Edhi Cahyono mengatakan, pengamanan yang dilakukan untuk mengamankan jalur massa yang akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti reuni 212  serta kegiatan kepolisian rutin yang ditingkatkan mengantisipasi gangguan Kamtibmas di wilayah hukum Polres Serang Kota dengan sasaran  senjata tajam ataupun barang berbahaya lainnya.

“Kegiatan ini rutin kita lakukan sebagai bentuk pelayanan kepada Masyarakat agar merasa aman dan nyaman di wilayah kota Serang  ,” kata Edhi, Minggu, 1 Desember 2019.

“Ada dua titik pengamanan Jalur di Wilayah Hukum Polres Serang Kota, Gerbang tol Serang Barat dan Serang Timur,” imbuhnya.

Pemeriksaan dilakukan kepada pengendara yang menggunakan mobil pribadi, bak terbuka sampai truk.

“Untuk saat ini belum ada barang yang mencurigakan,” tukasnya.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

Trending