Connect with us

METROPOLITAN

Toko Kosmetik Perancis di Kawasan Mall Bandara City Tangerang Disegel, Ratusan Butir Obat Keras Disita BPOM

Published

on

BPOM saat menunjukan ratusan butir obat keras hasil sitaan di toko kosmetik Perancis. (BantenHits.com/Hendra Wibisana).

Tangerang- Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM Pusat berhasil menyia ratusan butir obat keras di sebuah toko kosmetik di Kawasan Mall Bandara City, jalan Kali Perancis, Kecamatan Dadap, Kabupaten Tangerang, Selasa 3 Desember 2019.

Tidak hanya itu BPOM juga terpaksa menyegel toko dan mengamankan 20 saksi -saksi serta tersangka yang masih dalam pendalaman petugas.

Kepala Badan pengawas Obat dan Makanan BPOM Pusat Penny Kusmastuti Lukito mengungkapkan penyitaan ini berawal dari penelusuran petugas selama satu bulan. 

Hasilnya terdapat lima toko yang dicurigai menjual obat tidak sesuai dengan peruntukannya. Salah satunya toko kosmetik di kawasan mall Badara City.

Toko tersebut, sambung Penny diduga telah menyalahgunakan tempat dengan menjual obat- obat keras seperti tramadol dan obat keras lainnya yang cenderung dapat di salah gunakan oleh masyarakat.

“Ini obat ilega cuma salah peruntukanya.obat -obat ini seperti tramado yang mengandung visi tropika yang di jadikan sebgai obat penenang,berhalusinasi atau ngemplayp.ini sangat bahaya jika di komsumsi oleh masyarakat,”kata Penny.

Obat-obat keras ini menurut Penny tengah dalam pengawasan intensif dari BPOM sehingga harus dilaukan penelusuran ke sarana pendistribusiannya.

“Tapi ini ada kemungkinan produknya dibuat legal mungkin diregistrasi ke badan POM tapi didistribusi di tempat yang ilegal.tapi kita juga akan terus dalami mengenai ini,”jelasnya.

Penny mengimbau kepada pelaku usaha untuk mentaati aturan yang ada dengan distribusi terkait produk yang sudah mendapat izin edar dari BPOM. Pasalnya produk obat keras ini mendapat konsekuensi yang kesehatan dan jiwa yang di manfaatkan tanpa menggunakan resep dokter.

“Untuk tersangka sudah ada juga, dan sudah dilimpahkan dan ditindaklanjuti. tapi yang terpenting bagi BPOM adalah menelusuri lebih jauh lagi kehulu yang meproduksi, jadi kita lebih paham lagi tentang skema dari modus yang berkembang. Sehingga ketauan lagi di mana,”tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending