Connect with us

METROPOLITAN

Puluhan WBP Rutan Rangkasbitung Jalani Pemeriksaan HIV/AIDS, Ini Hasilnya 

Published

on

Salah satu WBP Rutan Rangkasbitung saat menjalani pemeriksaan HIV/AIDS. (Istimewa).

Lebak- Sedikitnya 50 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Klas IIB Rangkasbitung menjalani pemeriksaan HIV/AID atau Voluntary Conseling Test (VCT) di Aula Pembinaan, Rabu, 4 Desember 2019.

Kegiatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak dan Puskesmas Rangkasbitung. Tujuannya untuk memastikan kesehatan seluruh WBP.

Dokter Rutan Rangkasbitung, dr. Nurcholida mengatakan sebelum melakukan VCT, WBP terlebih dahulu diberikan sosialisasi mengenai HIV/AIDS. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya penyebaran HIV/AIDS di rutan, serta memberi pengetahuan tentang manfaat diselenggarakannya VCT.

“Jadi langkahnya kita berikan sosialisasi dulu, selanjutnya dilakukan pra konseling, WBP melakukan face to face diwawancara history kehidupan dan kesehatanya. selanjutnya dilakukan pengambilan sampel darah untuk tes HIV/AIDS. Hasilnya bisa diketahui langsung jika ada WBP yang positif, maka akan diadakan pasca konseling, namun tadi Alhamdulillah seluruhnya hasilnya negatif,”kata Nurcholida.

BACA :  LSM KPK Tipu Mertua Tajudin Penjual Cobek yang Dituduh Perdagangkan Orang

Sementara salah seorang WBP, RHD mengaku gugup awal mengikutinya. Namun ia senang bisa mendapatkan penyuluhan HIV/AIDS sehingga bisa lebih mengetahui, dan menjadi mawas diri terhadap penyakit mematikan tersebut.

 “Semoga kami bisa terus menjaga kesehatan, ” harapnya.

Editor: Fariz Abdullah



Terpopuler