Connect with us

METROPOLITAN

Klaim 520 Kilometer Jalan di Lebak Dalam Kondisi Baik, DPUPR: Tahun 2020 Hanya Menangani 5,6 KM

Published

on

Kondisi ruas jalan Leuwidamar-Cirinten salah satu akses jalan menuju wisata budaya baduy dalam. (Istimewa).

Lebak- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Lebak mengklaim sekitar 65 persen atau sekitar 520 dari 730 Kilometer jalan di Kabupaten Lebak dalam kondisi baik.

“Dari panjang jalan kita 730 Kilometer, 65 persen atau sekitar 520 Kilometer dalam kondisi baik,”kata Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Lebak, Irvan Suyatupika, Kamis, 5 Desember 2019.

Sedangkan, Ivan menjelaskan di tahun 2020 DPUPR Lebak dari APBD hanya menangani peningkatan kapasitas di lima titik jalan dengan panjang 5,6 Kilometer dari 210 Kilometer jalan yang kondisinya rusak.

“Kalau dijumlahkan dengan DAK mungkin bisa ditangani sekitar 12 Kilometer ya. Sisanya, yang tidak bisa tertangani mungkin dengan pemeliharaan agar secara fungsi masih nyaman digunakan. Pemeliharaan menangani jalan yang dalam kondisi baik,” terang Irvan.

Baca Juga: Telan Anggaran Rp2,6 M, Ruas Jalan Menuju Wisata Budaya Baduy Dalam Mulus

Sementara untuk jalan poros desa, pada tahun 2020 terdapat 81 paket dengan total panjang penanganan sekitar 80 Kiloemeter.

“Kecuali jalan poros desa, pembangunan jalan kabupaten akan ada penambahan titik karena ini kan masih yang bersumber dari APBD belum ditambah dari Bankeu provinsi, lalu ada anggaran DAK yang belum ditambahkan. Ada DAK penugasan dan reguler, khusus penanganan jalan kabupaten ada DAK afirmasi,” paparnya.

Editor: Fariz Abdullah

Trending