Connect with us

BITV Tera Kita

Dunia Achi; Mencecap Kehidupan lewat Biji Kopi

Published

on

 

Washington – Biji-biji kopi dari Indonesia telah lama dikenal sukses merambah manca negara. Amerika Serikat adalah salah satu dari negara pengimpor terbesar biji kopi dari Indonesia.

Sukses mendunianya biji kopi asal Indonesia, tak bisa lepas dari peran para diaspora asal Indonesia di Amerika. Mereka memperkenalkan produk unggulan Indonesia kepada khalayak di Amerika.

Diaspora Indonesia Achi Soeharman saat menjelaskan produk kopi miliknya di New Hampshire, negara bagian Amerika Serikat. Biji-biji kopi asal Indonesia sukses merambah dunia salah satunya berkat peran diaspora seperti Achi. (Foto: tangkap layar video VOA Indonesia)

Salah satu diaspora Indonesia, Nur Asri Soeharman yang dikenal dengan sebutan Achi Soeharman, sukses membawa produk kopinya ke Amerika Serikat setelah diundang di acara “Experience New Hampshire” di gedung senat Amerika Serikat, Washington DC, belum lama ini.

BACA :  Kampung Hompimpa; Rangkul Generasi Milenial dengan Permainan Tradisional

Acara “Experience New Hampshire” digelar Pemerintah Bagian New Hampshire. Acara ini dibuka oleh senator negara bagian New Hampshire, Jeanne Shaheen.

Tujuan acara ini untuk memperkenalkan dan mempromosikan produk-produk yang berasal di negara bagian Amerika Serikat ini.

“Ini adalah salah satu manfaat dari perencanaan yang kita lakukan dengan membawa produk-produk unggulan kami dari New Hampshire untuk kita kenalkan kepada komunitas di Washington DC, ke lembaga pembuat kebijakan, anggota kongres, maupun mereka yang ada di Capitol Hill ini sehingga mereka tahu apa yang mereka tawarkan,” jelas Jeanne.

Javanese Coffee, merek kopi Indonesia yang dipasarkan Achi di Amerika Serikat. (Foto: Tangkap layar VOA Indonesia)

Achi Soeharman yang tampil dengan brand Javanese Coffee mengaku sangat terbantu dengan kebijakan di negara bagian New Hampshire, Washington DC, dan Amerika Serikat, terutama Pemerintah Indonesia untuk pengembangan produk kopi yang diapsarkannya.

BACA :  Kreativitas Perempuan Tangerang, Ubah Barang Bekas Jadi Bernilai Jual

Achi yang sudah menggeluti bisnis kopi sekitar tujuh tahun lalu ini menyebutkan, Senator Jeanne Shaheen mendukung penuh setiap pengusaha perempuan di New Hampshire.

Biji kopi yang didatangkan dari Indonesia, kata Achi, di-roasting di Brooklyn, New York, kemudian dipasarkan di New Hampshire dan negara bagian lainnya.



Darusssalam Jagad Syahdana mengawali karir jurnalistik pada 2003 di Fajar Banten--sekarang Kabar Banten--koran lokal milik Grup Pikiran Rakyat. Setahun setelahnya bergabung menjadi video jurnalis di Global TV hingga 2013. Kemudian selama 2014-2015 bekerja sebagai produser di Info TV (Topaz TV). Darussalam JS, pernah menerbitkan buku jurnalistik, "Korupsi Kebebasan; Kebebasan Terkorupsi".

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Terpopuler