Connect with us

METROPOLITAN

Kali Tertutup Proyek PT Lotte Chemical Indonesia, Permukiman dan Sawah di Lingkungan Kruwuk Cilegon Terendam Banjir

Published

on

Warga bersama anggota kepolisian meninjau saluran air yang tertutup material PT Lotte Cemical Indonesia. (BantenHits.com/ Iyus Lesmana)

Cilegon – Puluhan warga yang tinggal di Lingkungan Kruwuk, Kelurahan Rawa Arum, Kecamatan Grogol, Kota Cilegon, mengeluhkan saluran pembuangan air ke laut berupa aliran kali yang tertutup material pembangunan proyek PT Lotte Chemical Indonesia (LCI).

Akibat tertutupnya kali, saat hujan lebat permukiman warga yang letaknya tak jauh dari lokasi proyek mengalami banjir hingga satu meter lebih.

“Banjirnya satu meter lebih, tadi jam 4 subuh. Sebelum ada proyek PT Lotte tidak pernah banjir separah ini pernah banjir tapi lewat aja cepat surutnya. Ada dua gorong sementar tapi kecil-kecil dan tidak bisa menampung air biasanya cepet lancar,” kata Hamdi, salah seorang warga saat diwawancarai wartawan, Sabtu, 7 Desember 2019.

BACA :  Gelar Literasi Media, PWI Beri Pemahaman Kades dan Camat di Pandeglang Tentang Kerja Jurnalis

Selain merendam pemukiman warga, Hamdi mengungkapkan, banjir juga merendam hasil pertanian warga yang di tanam di persawahan dekat dengan perusahaan hingga mengalami kerusakan dan terancam gagal panen.

“Sawah juga terendam, bagaimana ini tidak bisa panen padi dan tanaman lainnya terendam banjir,” ungkapnya.

Sementara, di tempat yang sama saat mendapatkan laporan dari masyarakat, Ketua Rukun Warga 07  Tofikurohman bersama sejumlah anggota kepolsian langsung mendatangi lokasi banjir dan ditemukan terdapat genangan air banjir yang tidak bisa mengalir ke arah laut.

“Sebetulnya sebelum sidang analisa dampak lingkungan dan sebelum ijin keluar tolong diperhatikan dahulu saluran air. Karena ini sudah jelas ada risikonya kepada warga sebelum dibenahi, banjir akan terjadi lagi dan pihak manajemen PT Lotte hanya bisa janji saja dan tidak melakukan perbaikan jadi percuma,” bebernya.

BACA :  Ketua KPU Lebak Diusir Crew Film "Ambu", Syuting di Kantor KPU Disebut Tak Berizin

Sementara saat dikonfirmasi Norman salah seorang perwakilan PT Lotte Chemical Indonesia enggan memberikan komentar terkait keluhan warga.

Editor: Darussalam Jagad Syahdana

 



Advertisement
Click to comment

Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh