Connect with us

METROPOLITAN

‘Amuk Massa’ Warnai Pelaksanaan Pilkades di Pandeglang

Published

on

Adegan amuk massa diperagakan dalam simulasi pengamanan Pilkades di Pandeglang. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Ratusan warga pemilih pada pemilihan kepala desa atau Pilkades di Kabupaten Pandeglang mengamuk, Kamis 12 Desember 2019. Amuk massa pecah setelah warga pemilih yang sudah mengantri lama, tidak bisa memilih karena waktu habis.

Kemarahan warga semakin menjadi ketika
penjelasan panitia Pilkades tidak membuat mereka puas. Warga melampiaskan emosi dengan merusak perangkat pemilihan dan fasilitas lainnya.

Amukan massa yang tak terbendung membuat petugas kepolisian yang berjaga di lokasi nampak kewalahan, sehingga mereka harus meminta bantuan pengamanan ke Polres Pandeglang yang dilengkapi pelindung tubuh.

Kedatangan anggota Polres Pandeglang mampu mendesak mundur ratusan warga yang anarkis tersebut dan akhirnya membubarkan diri. Kondisi pun kemudian menjadi normal kembali.

BACA :  IOF Banten dan Jambi Bangun Jembatan R4 di Banjar Irigasi Lebak

Adegan tersebut merupakan rangkaian simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) oleh Polres Pandeglang di Alun-alun kota.

Simulasi tersebut dilakukan sebagai persiapan menghadapi Pilkades serentak yang diikuti 17 desa di Pandeglang yang akan digelar pada Minggu, 15 Desember 2019.

“Pemilihan kepala desa merupakan pesta demokrasi yang sangat rentan munculnya gesekan antar pendukung calon, dikarenakan masing – masing pendukung memiliki kedekatan emosioanl yang sangat erat dengan para calon, sehingga hal tersebut menjadi suatu potensi konflik yang sangat krusial baik pra dan pasca pilkades,” kata Kapolres Pandeglang AKBP Sofwan Hermanto.

Adapun jumlah personil yang ikut terlibat dalam kegiatan simulasi tersebut sebanyak 300 personil. Hak tersebut agar pada saat pemilihan nanti setiap anggota kepolisian diwilayahnya bisa terus mengamati perkembangan situasi Pilkades.

BACA :  Sucikan Diri Sambut Ramadan, Warga Babakan Gelar Ritual Keramas di Cisadane

“Amati segala perekembangan situasi dilingkungan pemilihan, serta gandeng seluruh potensi masyarakat yang ada di lingkungan pemilihan tersebut,” pesannya. 

Editor: Darussalam Jagad Syahdana



Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler

Please disable your adblock for read our content.
Refresh