Connect with us

METROPOLITAN

Enam Burung Merak Hijau Dilepaskan BKSDA Jakarta di Taman Nasional Ujung Kulon Pandeglang

Published

on

BKSDA Jakarta saat melepaskan enam merak hijau di TNUK Pandeglang. (BantenHits.com/Engkos Kosasih).

Pandeglang – Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jakarta melepasliarkan 6 burung merak hijau di Taman Nasional Ujing Kulon (TNUK) Kecamatan Sumur, Pandeglang, Banten.

Pelepasan satwa yang dilindungi itu, bekerjasama dengan Balai Taman Nasional Ujung Kulon (BTNUK) dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).
Kepala BTNUK Pandeglang, Anggodo mengakatakan pelepasan burung tersebut dalam rangka memperingati Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tahun 2019.

“Burung merak hijau yang dilepaskan ada enam ekor, dua jantan dan empat betina,” kata Anggodo dalam keterang pers yang diterima Bantenhits, Rabu, 11 Desember 2019.

BACA :  Penjelasan Khatib Muhammadiyah: Tidak Diminta Tandatangan Hanya Catat Nama

Menurut Anggodo, Kementrian Lingkungan Hidup dan KLHK memiliki program prioritas pelestarian tumbuhan dan satwa liar dilindungi di habitat alaminya.
“Salah satu bentuk programnya ialah menggalakkan upaya-upaya penambahan populasi satwa liar dilindungi, langka dan endemik melalui kegiatan pelepasliaran di alam,” jelasnya.

Anggodo menjelaskan, upaya pelestarian satwa liar dilindungi di habitatnya menjadi tanggung jawab utama BKSDA Jakarta dan karena itu senantiasa mengajak semua pihak untuk terlibat dalam pelestarian itu.

“Dalam pelestarian satwa liar juga terbukti telah berhasil mengembangkan beberapa satwa liar dilindungi termasuk salah satunya jenis burung merak hijau,” tandasnya.

Editor: Fariz Abdullah

Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

Terpopuler