Connect with us

Berita Pemda

Pemkab Pandeglang Mulai Sosialisasikan Standar Pelayanan Minimal

Published

on

Sosialisasi Standar Pelayanan Minimal mulai dilakukan Pemkab Pandeglang. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Pandeglang – Pemerintah Kabupaten Pandeglang mulai mensosialisasikan Standar Pelayanan Minimal (SPM) yang diwajibkan oleh Pemerintah Pusat melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 2 Tahun 2018 tentang Standar Pelayanan Dasar.

Di dalam pasal 11 aturan ini menegaskan Pemerintah Daerah (Pemda) wajib menerapkan SPM untuk pemenuhan jenis pelayanan dasar dan mutu pelayanan dasar yang berhak diperoleh setiap warga negara.

Assisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kabupaten Pandeglang Ramadani mengatakan, metode laporan penerapan SPM termasuk dalam materi muatan laporan penyelenggaraan Pemda terhadap pelaksanaan urusan Pemda dalam kurun waktu satu tahun.

“SPM Urusan Pemerintahan wajib terdiri dari pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan penataan ruang, perumahan rakyat dan kawasan permukiman, letenteraman, ketertiban umum, dan pelindungan masyarakat dan sosial. SPM tersebut ditetapkan dan diterapkan berdasarkan prinsip kesesuaian kewenangan, ketersediaan, keterjangkauan, kesinambungan, keterukuran, dan ketepatan sasaran,” kata Ramadani, Senin, 16 Desember 2019.

BACA :  Irna Minta Jalur KA Rangkasbitung-Labuan Selesai 2019

Menurut Ramadani, tahapan penerapan SPM meliputi, pengumpulan data, penghitungan kebutuhan pemenuhan pelayanan dasar, penyusunan rencana pemenuhan pelayanan dasar dan pelaksanaan pemenuhan pelayanan dasar.

“Cakupan pengumpulan data terdiri dari jumlah dan identitas lengkap warga negara yang berhak memperoleh barang atau jasa, kebutuhan dasar secara minimal sesuai dengan jenis pelayanan dasar dan mutu pelayanan dasarnya, serta khusus pengumpulan data untuk penerapan SPM pendidikan daerah kabupaten/kota mencakup jumlah dan identitas lengkap seluruh warga negara yang berhak memperoleh barang dan/atau jasa kebutuhan dasar secara minimal dan jumlah barang dan/atau jasa yang tersedia, termasuk jumlah sarana dan prasarana yang tersedia (terintegrasi dengan sistem informasi),” ujarnya.

Sosialisasi Standar Pelayanan Minimal di Pemkab Pandeglang. (BantenHits.com/ Engkos Kosasih)

Sementara itu Kabag Pemerintahan Setda Pandeglang Agus Riyanto mengatakan, pemerintah daerah dalam menerapkan SPM diharapkan dapat memenuhi jenis pelayanan dasar dan mutu pelayanan dasar.

BACA :  Antrean Pendaftar Mengular, Sekolah di Tangerang¬†Ini Dapat Warning Wahidin Halim

“Yang berhak diperoleh setiap warga negara secara minimal, yang diprioritaskan bagi warga negara yang berhak memperoleh pelayanan dasar secara minimal sesuai dengan Jenis Pelayanan dasar dan mutu pelayanan dasarnya. SPM ini akan mulai tahapan pada Januari 2020,” katanya.




Photos

  • Videos


  • Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    Video Redaksi
    1 of 3
    Video Redaksi
    2 of 3
    Video Redaksi
    3 of 3
  • Memulai karir jurnalistik di BantenHits.com sejak 2016. Pria kelahiran Kabupaten Pandeglang ini memiliki kecenderungan terhadap aktivitas sosial dan lingkungan hidup.

    Terpopuler