Politik Dinasti  yang Akan Merusak Negara Indonesia

Date:

Rafli Maulana, Presiden Mahasiswa Untirta 2019. (Istimewa)

PRAKTIK politik dinasti sepanjang era reformasi benar-benar menggejala. Untuk kali kesekian publik disuguhi praktik politik dinasti. Contoh selama ini politik dinasti salah satunya adalah Ratu Atut.

Publik telah mengenal sosok Ratu Atut Chosiyah. Dia pernah menjadi wanita terkuat sekaligus gubernur Banten. Ratu Atut dan keluarganya juga begitu berkuasa. Jabatan publik di lingkungan Pemprov Banten dan sekitarnya berada dalam kekuasaan Ratu Atut. Sejumlah proyek di lingkungan Pemprov Banten juga berada dalam kekuasaan Ratu Atut dan keluarganya.

Sejujurnya, bukan hanya Ratu Atut yang telah membangun politik dinasti. Banyak elite di negeri ini juga melakukan politik dinasti. Fenomena itu terjadi tidak hanya di lingkungan eksekutif. Di sejumlah jabatan di legislatif juga terjadi praktik politik dinasti. Indikatornya, sebagian anggota legislatif, mulai tingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat, memiliki kerabat dengan elite partai politik dan pejabat tertinggi di eksekutif.

Modus politik dinasti biasanya dilakukan penguasa dengan menempatkan orang-orang yang masih berhubungan darah, keturunan, atau kerabat sebagai pejabat publik. Penguasa juga menempatkan orang-orang kepercayaan untuk menduduki posisi penting di pemerintahan. Mereka pasti orang yang sangat berjasa dan berpeluh keringat saat perebutan kekuasaan. Mereka umumnya pernah menjadi tim sukses atau relawan.

Politik dinasti jelas bertentangan dengan budaya demokrasi yang sedang tumbuh di negeri tercinta. Sebab, politik dinasti pasti mengabaikan kompetensi dan rekam jejak. Bahkan, politik dinasti bisa mengebiri peran masyarakat dalam menentukan pemimpin. Yang menyedihkan, politik dinasti sengaja dibingkai dalam konteks demokrasi. Dalam alam demokrasi prosedural sekarang, masyarakat seakan diberi peran.

Tetapi, jika diamati secara saksama, jelas sekali masyarakat tidak memiliki kebebasan menentukan pilihan. Hampir semua calon anggota legislatif, calon kepala daerah, dan calon pejabat publik yang diajukan telah diskenario. Pemenangnya harus orang yang memiliki hubungan kekerabatan dengan elite-penguasa. Jika tidak memiliki hubungan kekeluargaan, calon yang dimenangkan adalah mereka yang memberikan uang sebagai mahar jabatan.

Dalam perspektif Ibn Khaldun (1332–1406), politik dinasti dinamakan ashabiyah (group feeling). Ibn Khaldun dalam The Muqaddimah an Introduction to History (1998) menyebut politik ashabiyah sebagai gejala yang bersifat alamiah. Sebab, umumnya penguasa selalu ingin merekrut orang yang memiliki hubungan kekerabatan sebagai bawahannya.

Namun, Ibn Khaldun mengingatkan bahaya politik ashabiyah.Dengan tegas Ibn Khaldun menyatakan bahwa politik ashabiyah pada saatnya bisa mengakibatkan kehancuran negara. Dalam konteks budaya modern, praktik politik ashabiyah juga menjadi persoalan serius. Apalagi jika politik ashabiyah dijalankan dalam suasana demokrasi yang sedang tumbuh dan berkembang. Karena praktik politik dinasti sangat berbahaya, pemerintah dan legislatif harus merumuskan regulasi yang tegas.

Modal untuk membuat regulasi sejatinya sudah ada. Misalnya, larangan terhadap seseorang menjadi kepala daerah lebih dari dua periode. Sayang, peraturan itu disiasati beberapa kepala daerah yang tidak boleh mencalonkan diri karena sudah menjabat dua periode. Caranya, mencalonkan orang-orang yang memiliki hubungan kekerabatan dengan dirinya. Cara lainnya, mencalonkan orang-orang yang bisa menjamin keamanan dirinya dari kasus hukum setelah tidak lagi berkuasa.

Bermula dari budaya politik kekerabatan itulah, praktik politik dinasti semakin menggurita. Idealnya, batasan maksimal dua periode juga berlaku untuk jabatan di legislatif. Hal tersebut penting supaya publik tidak disuguhi caleg 4L (lu lagi, lu lagi). Karena itu, pemerintah harus merancang regulasi tentang boleh tidaknya kerabat dekat maju sebagai pejabat eksekutif dan legislatif. Peraturan itu penting untuk meminimalkan budaya politik dinasti.

Praktik politik dinasti pada saatnya akan mengganggu proses checks and balances antarlembaga negara. Fungsi saling mengontrol pasti tidak bisa maksimal jika sejumlah jabatan publik dikuasai satu keluarga besar. Padahal, untuk menyemai nilai-nilai demokrasi, fungsi kontrol penting. Jika kontrol terhadap pemerintah lemah, terjadilah budaya kolutif dan koruptif.

Hampir di berbagai daerah sekarang banyak sekali para kerabat sang pemangku kebijakan baik di pusat hingga daerah masih terus mempraktikan politik dinasti ini. Kab. Lebak juga tidak luput menjadi sorotan saya dalam pengamatan saya bahwa era kepemimpinan bupati lebak selalu dipimpin oleh 1 keluarga. Dan yang memulai praktik dinasti di Kab.lebak adalah Ex Bupati Lebak  yaitu Jaya Baya, sekarang diteruskan oleh anaknya yaitu Iti Jaya Baya. Kemudian di Provinsi Banten masih tetap dipimpin oleh keluarga dinasti yang sempat terkenal di Indonesia ini yaitu dimulai dari Ratu Atut dan dan kemudian sekarang diteruskan estafet kepemimpinan Banten oleh kerabat dekat Atut yaitu Andhika Sebagai Wakil Gubernur Banten. 

Kemudian Anak  dan Menantu  Presiden Republik Indonesia yang kini akan mencalonkan diri sebagai Wali kota Solo dan Wali Kota Medan. Benih-benih Politik Dinasti pun kian muncul di keluarga orang terpandang dan di no 1 kan di negeri ini. Seharusnya seorang bapak , mertua sekaligus presiden di Negara Republik Indonesia ini.  Bisa memberikan arahan kepada anak dan menantunya bahwa ketika mereka mencalonkan diri sebagai calon wali kota Solo dan Calon Wali Kota Medan. Meskipun  karena dicalonkan dan disokong oleh sebuah partai besar tetap mempertimbangkan dampak dari itu semua yaitu. Politik Dinasti yang membahayakan negera kita ini.

Diatas sudah dijelaskan bahaya politik dinasti yang dapat merusak tatanan negara kita ini. Maka saya mengajak kepada seluruh masyarakat indonesia untuk sama-sama mencegah politik dinasti yang terus merajalela di pusat, hingga ke daerah dengan cara belahar polituk sehingga kita menjadi masyarakat yang melek akan politik.

Penulis: Rafli Maulana, Presiden Mahasiswa Untirta 2019.

Author

Terpopuler

Share post:

Berita Lainnya
Related

Menikmati Jalur Mudik Lebak

BantenHits - Selama bulan Ramadan saya melakukan kunjungan dua...

Mencari Independensi Media Dalam Pemberitaan Politik

Bantenhits - Peran media dalam panggung politik kontemporer semakin...

Gunung Batu Desa Anti Korupsi

Bantenhits - Beberapa waktu yang lalu, Selasa, 31 Januari...

Geger Sambo dari Perspektif Mahasiswa Komunikasi; Catatan Kritis untuk Perubahan Polri

Mata publik seolah tak pernah berhenti menguntit setiap detail...